HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca hari ini di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Tengah (Jateng).

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG memprediksi kondisi cuaca di Jateng pada hari ini pada umumnya bakal berawan sejak pagi ini.

Meski begitu, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai adanya potensi hujan di sejumlah wilayah di Jateng.

Dilaporkan, hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur wilayah Boyolali, Cilacap, Kajen, Kebumen, Magelang, Mungkid, Purwokerto, Salatiga, Sragen, Temanggung, Ungaran dan Wonosobo, pada siang nanti.

Di waktu yang sama, hujan dengan intensitas sedang juga akan terjadi di wilayah Purbalingga dan Banjarnegara. Sedangkan wilayah Jateng lainnya hanya akan berawan.

Selanjutnya pada malamnya, BMKG memprediksi kondisi cuaca di Jateng hari ini bakal didominasi cuaca berawan tebal sampai hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

BMKG pun telah mengeluarkan peringatan dini cuaca hujan berintensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jateng, pada siang/sore hingga malam nanti.

“Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pegunungan Tengah, Jateng Timur, Solo Raya pada siang/sore-awal malam hari,” tulis BMKG sebagaimana dikutip Holopis.com, Sabtu (7/1).

Adapun untuk prakiraan auhu di Jateng hari ini akan berkisar di rentang 23-32 derajat celcius, dengan kelembapan di antara 60-95 persen.