Categories: Ragam

Kementerian Agama Ajak Masyarakat Hormati Qori, Jangan Disawer Bro

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kemenag Republik Indonesia, Kamaruddin Amin mengajak masyarakat untuk menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup. Langkah itu, kata Kamaruddin, bisa ditempuh dengan terus belajar Alquran dan menghargai Alquran serta qari/qariah dengan etika yang tinggi.

Hal ini disampaikannya untuk menyikapi viralnya video tentang adanya qoriah internasional asal Tangerang, Ustadzah Nadia Hawasyi yang disawer saat membacakan ayat suci Al Quran dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW di kawasan Banten beberapa waktu yang lalu.

“Pembaca Al-Qur’an (Qari/qariah) apalagi Al-Qur’an harus dihargai dengan standar etika yang tinggi. Cara seperti saweran terasa mengurangi sakralitas pembacaan ayat suci Al-Qur’an,” ungkap Kamaruddin dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Jumat (6/1).

Saweran terhadap qari/qariah, imbuh Kamaruddin, berpotensi mengganggu kekhusyukan pembacaan Al-Qur’an. Profesor jebolan Universitas Bonn, Jerman ini mengajak masyarakat mendengarkan dengan khusyuk saat Al-Qur’an dibacakan ketimbang melakukan aktivitas yang justru bertolak belakang dengan kesakralan Alquran.

“Saat Al-Qur’an dibacakan seharusnya kita mendengarkannya dengan khusyuk. Jangan diganggu dengan aktivitas yang mengurangi sakralitasnya. Membaca Al-Qur’an bukan sekadar memperdengarkan suara yang indah tapi membacakan Firman Tuhan,” tandasnya.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Ahmad Zayadi menambahkan, saat dibacakan Al-Qur’an, hendaknya didengarkan, diresapi makna dan kandungan ayatnya, serta dinikmati bacaannya.

“Dengan cara semacam ini, Al-Qur’an akan menjadi sebab terlimpahnya kedamaian dan keteduhan. Jika penghormatan terhadap Al-Qur’an dan qari/qariah bisa kita lakukan, insyaallah keberkahan Al-Qur’an akan terlimpah untuk semuanya,” pungkas Zayadi.

Sebagai informasi, sejumlah pihak menyesalkan aksi warga Pandeglang, Banten yang menyawer qariah dalam momen Maulid Nabi Muhammad SAW. Aksi tersebut menuai reaksi masyarakat, terlebih saat penyawer menyelipkan uang di kerudung qariah yang tengah membaca Ayat suci Al-Qur’an.

Muhammad Ibnu Idris

Penikmat sambal matah dan sambal bajak.

Share
Published by
Muhammad Ibnu Idris

Recent Posts

Bukan Ahok, Puan Maharani Lebih Tertarik Duet Anies-Andika

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku sudah mulai tertarik dengan potensi duet Anies Baswedan dan…

22 menit ago

Aktor Ternama Matthew Perry Hanya Tinggalkan Warisan 24 Miliar Setelah Meninggal Dunia, Kok Bisa?

Pada bulan Oktober 2023 silam, dunia kehilangan seorang bintang besar dari serial populer Friends, Matthew…

27 menit ago

PKS Khawatir Ada Poros Ketiga di Pilkada Jakarta

PKS mengklaim bahwa pelaksanaan Pilkada Jakarta tidak mungkin diikuti oleh tiga kubu.

42 menit ago

Afifuddin Klaim Pilkada Serentak Berjalan Sesuai Jadwal

Plt Ketua KPU Mochammad Afifuddin mengklaim pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 tidak akan terhambat dengan kasus…

57 menit ago

Joe Biden Ogah Mundur dari Pilpres AS 2024 Meski Ketuaan

Presiden Joe Biden telah menegaskan komitmennya untuk ikut dalam pemilihan presiden tahun 2024, meskipun menemui…

1 jam ago

Selamat! Bintang High School Musical Vanessa Hudgens Jadi Seorang Ibu

Bintang Hollywood yang dikenal dari film High School Musical, Vanessa Hudgens, kini sudah menikmati momen…

1 jam ago