Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizHarga Cabai Masih Pedas, Medag Minta Kepala Daerah Segera Beri Subsidi

Harga Cabai Masih Pedas, Medag Minta Kepala Daerah Segera Beri Subsidi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Harga sejumlah komoditas bahan pangan seperti komoditas cabai terpatau masih mengalami peningkatan, meskipun momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah berlalu.

Mananggapi hal tersebut, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan meminta kepada para kepala daerah untuk segera mengambil langkah, dengan memerikan subsidi. Bahkan ia mengingatkan, akan ada punishmen dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) apabila hal tersebut tak dijalankan.

“Bupati, Walikota, sekarang mereka aktif, karena kalau tidak Mendagri bisa memberikan punishment,” kata Zulhas, sapaan akrabnya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Jumat (6/1).

Zulhas menuturkan, kepala daerah dapat menggunakan biaya tak terduga (BTT) yang dialokasikan sebesar dua persen dari Dana Transfer Umum (DTU) dalam APBD setiap daerah. Dana tersebut bisa digunakan untuk mensubsidi ongkos transportasi pangan. Bahkan, kata Zulhas, juga dapat digunakan untuk memberi subsidi langsung terhadap harga.

“Transportasi kan bisa diganti (disubsidi) jadi terukur. Kalau lebih mahal lagi, ya harganya disubsidi,” ujarnya.

Kendati demikian, ia menilai, meski tengah mengalami kenaikan, harga cabai cenderung masih terjangkau oleh masyarakat.

“Dulu sempat harga cabai Rp 120 ribu per kg, lalu turun jadi Rp 20 ribu per kg, kalau naik jadi Rp 30 ribu per kg, ya memang 40 persen naiknya, itu masih jauh,” kata Zulhas.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.