HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas memperpanjang masa jabatan Prof Amany Lubis sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) per tanggal 7 Januari 2023.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Nomor 000002/B.II/3/2023 yang ditandatangani oleh Gus Yaqut (panggilan akrab Yaqut Cholil Qoumas) per tanggal 3 Januari 2023.

“Terhitung mulai tanggal 7 Januari 2023, masa jabatan tugas tambahan Prof Dr Hj Amany Burhanuddin Umar Lubis MA, Profesor dengan jabatan tugas tambahan sebagai rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta,” tulis Surat Keputusan Menteri Agama yang dikutip Holopis.com, Jumat (6/1).

Tentang Amany Lubis

Oleh sebab itu, tunjangan jabatan sesuai dengan posisinya sebagai rektor UIN Syarif Hidayatullah tersebut akan tetap diberikan oleh negara.

Sekedar diketahui Sobat Holopis, bahwa Prof Amany Lubis adalah wanita kelahiran Kairo, Mesir, pada 22 Desember 1963. Ia pernah menempuh pendidikan S1 di Universitas Al-Azhar Mesir pada Jurusan Sastra Inggris dan tamat memperoleh Licence (Lc) tahun 1988.

Setelah itu, ia memperoleh beasiswa Shot Course on Women Studies di McGill University Kanada pada tahun 1997.

Kemudian, ia mengambil kuliah S2 dan berhasil mendapatkan gelar Masternya dari Sekolah Pascasarjana IAIN Jakarta dalam bidang Sejarah Kebudayaan Islam Program Studi Pengkajian Islam.

Lalu, pada tahun 2002, ia memperoleh gelar doktor bidang Sejarah Kebudayaan Islam pada Program Studi Pengkajian Islam dari Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta.

Karier akademiknya dimulai sebagai dosen pegawai negeri sipil (PNS) tahun 1994. Kemudian ia menjabat sebagai Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Jakarta (2003-2009).

Selain mengajar di UIN Jakarta, sejak 2009 hingga sekarang Amany juga tercatat sebagai pengajar di Sekolah Kajian Stratejik dan Global pada Program Studi Kajian Kawasan Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia (UI) serta sejak 2013 hingga sekarang mengajar di Program Pascasarjana Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan.

Jabatan lain yang pernah disandangnya adalah sebagai Deputi Direktur Sekolah Pascasarjana Bidang Pengembangan Kelembagaan UIN Jakarta.

Kemudian pada hari Senin, 7 Januari 2019, Menteri Agama saat itu, Lukman Hakim Saifuddin melantiknya sebagai rektor di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggantikan Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A.

Amany adalah anak pertama dari pasangan Batak-Mesi, yakni Burhanuddin Umar Lubis dan Prof Dr. Hj. Nabilah Lubis. Kemudian ia memiliki 3 (tiga) adik, yakni Sri Ilham Lubis yang pernah menjadi Kepala pada Pusat Kerja Sama dan Standardisasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama.

Kemudian adik kedua adalah aktor kawakan nasional, yakni Umar Lubis. Sementara adik paling bontot adalah Ahmad Shabri Lubis yang diketahui sebagai pentolan Front Persaudaraan Islam (FPI).