HOLOPIS.COM, JAKARTA – Thailand mengumumkan bahwa tak lagi mewajibkan tes Covid-19 bagi pengunjung yang datang dari China. Hal itu dilakukan demi membantu sector pariwisata mereka yang sempat mundur karena pandemi.

Kabar ini cukup kontras dengan negara-negara lain yang mengeluarkan peraturan baru tentang wajib tes Covid-19 untuk pelancong dari China.

Hal tersebut karena China yang masih bergelut dengan kasus Covid-19 yang masih terbilang parah.

“Thailand tidak mewajibkan tes Covid-19 dari para turis dari negara manapun,” demikian dikatakan Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Anutin Charnvirakul, dikutip Holopis.com, Kamis (5/1).

Sebagai informasi, China memang merupakan sumber turis terbesar di Thailand sebelum pandemi, dengan angka pengunjung mencapai 11 juta orang di tahun 2019.

Seperti diberitakan Holopis.com sebelumnya, beberapa negara yang dengan gamblang mewajibkan tes Covid-19 bagi pelancong China adalah Amerika Serikat, Kanada, Jepang, dan Prancis.

Peraturan ini tidak diterima baik oleh China. Mereka menganggap bahwa pelarangan ini adalah tindak diskriminatif bagi warga China.