HOLOPIS.COM, JAKARTA – Batu ginjal adalah penyakit yang sangat membuat tidak nyaman seseorang dalam berkegiatan sehari-hari.

Dalam pengertian umum, batu ginjal sering dikaitkan dengan kurang minum, dan bisa membuat seseorang terasa sakit saat buang air kecil ban nyeri di bagian pinggang.

Meskipun benar kurang minum adalah salah satu penyebab seseorang mengidap gagal ginjal.

Ada beberapa penyebab lain yang sering diabaikan dan harus mulai diperhatikan oleh banyak orang.

Terlalu Banyak Konsumsi Protein Hewani

Protein hewani yang bisa didapatkan dari daging merah memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, terlalu banyak mengonsemsi protein hewani justru bisa meningkatkan asam urat dan menambah keasaman di air seni.

Inilah yang bisa menyebabkan batu ginjal. Sehingga disarankan untuk mengonsumsi protein hewani dengan jumlah sewajarnya.

Terlalu Sering Konsumsi Garam

Terlalu sering mengonsumsi makanan dengan sodium tinggi bisa menjadi penyebab batu ginjal.

Beberapa makanan dengan garam tinggi seperti makanan kaleng, roti, dan bahan makanan yang diawetkan.

Mengonsumsi Oksalat yang Terlalu Tinggi

Terlalu sering memakan makanan dengan oksalat tinggi seperti bayam, buah bit, belimbing, dll. Meskipun makanan-makanan tersebut sebenarnya sehat untuk tubuh, namun biasakan konsumsi dengan takaran yang sewajarnya.

Kondisi Medis Khusus

Batu ginjal juga bisa disebabkan karena kondisi medis tertentu seperti diabeters tipe 2, hiperparatiroidisme, dan asam urat,

Kurang Minum Air

Tentu saja penyebab yang sudah diketahui masyarakat secara luas adalah kurang minum air putih. Hal tersebut karena kurangnya carian dalam tubuh dapat membuat mineral di dalamnya mengkristal dan jadi batu ginjal.

Jaga kesehatan ya, Sobat Holopis!