Jumat, 27 September 2024
Jumat, 27 September 2024
NewsEkobizPerjalanan Dinas PNS 2022 Habiskan Anggaran Rp 37,8 Triliun

Perjalanan Dinas PNS 2022 Habiskan Anggaran Rp 37,8 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perjalanan dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama tahun 2022, tercatat menghabiskan anggaran sebanyak Rp 37,8 triliun. Angka tersebut diungkapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam pemaparannya, Selasa (3/1).

“Realisasi sementara 2022, perjalanan dinas Rp 37,8 triliun,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa yang dikutip Holopis.com, Rabu (4/1).

Angka tersebut menurut Sri Mulyani, jauh lebih tinggi Rp 10,5 triliun dibandingkan tahun 2021 yang terealisasi sebanyak Rp 27,3 triliun.

Peningkatan tersebut dikarenakan, di tahun 2022 PNS mulai banyak beraktivitas karena kasus Covid-19 mulai melandai. Sementara di tahun 2021, pembatasan mobilitas dilakukan pemerintah termasuk perjalanan dinas PNS.

Untuk diketahui bersama, anggaran perjalanan dinas PNS termasuk dalam belanja barang kementerian dan lembaga (K/L). Sri Mulyani menjelaskan, bahwa total realisasi belanja barang 2022 yakni Rp 422,1 triliun. Angka itu menurun 20,2 persen dari tahun sebelumnya.

“Ini menurun sebagai indikator yang baik. Artinya seiring kemampuan mengelola pandemi, kita bisa melihat ruang APBN menjadi bisa dijaga atau bisa dikurangi tekanannya karena kita tidak perlu mengeluarkan belanja untuk berbagai macam kenaikan akibat perawatan dari mereka yang terkena COVID atau vaksinasi kita sudah cukup memadai dan booster tetap kita lakukan,” pungkas Sri Mulyani.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Nilai Wakaf di Indonesia Tembus Rp 2.050 Triliun Rerata Aset Non Produktif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Aset wakaf di Indonesia saat ini...

Jalang Akhir Pekan, Ada Peluang IHSG Menguat Terbatas

Pilarmas Investindo Sekuritas memprediksi Indeks harga saham gabungan (IHSG) bakal menguat terbatas pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (27/9).

Harga Beras Indonesia Disebut Paling Mahal di ASEAN, Begini Kata Jokowi

Bank Dunia menyebut, bahwa harga beras di Indonesia merupakan yang paling mahal di kawasan ASEAN. Bahkan tingkat harga beras di Tanah Air di sebut 20 persen lebih mahal ketimbang negara lain.

Jokowi Ajari Warga Minta Prabowo Lanjutkan Program Bantuan Beras

Presiden Jokowi (Joko Widodo) berharap agar masyarakat bisa ikut bersuara untuk meminta program bantuan pangan bisa berlanjut di pemerintahan mendatang.