HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan, bahwa pihaknya akan membangun tanggul raksasa di sepanjang pesisir Utara Jakarta.

Dia menjelaskan, bahwa pembangunan tanggul raksasa yang masuk dalam program Pembangunan Pesisir Terpadu Ibu Kota Negara (National Capital Integrated Coastal Development/NCICD) itu dimaksudkan untuk mencagah ancaman banjir pesisir atau banjir rob yang kerap melanda Ibu Kota.

NCICD nantinya akan terdiri dari tanggul pantai dan tanggul laut yang membentang puluhan kilometer untuk membentengi pesisir utara Jakarta dari ancaman banjir rob,” kata Heru yang dikutip Holopis.com dari unggahan di akun Instagram-nya, Rabu (4/1).

Terkait rencana pembangunan tanggul tersebut, kata Heru, pihaknya telah menggelar rapat dengan sejumlah pihak, mulai dari Kementerian PUPR, Bappenas, BPN, hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Lingkungan Hidup (LH).

Sampai saat ini, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak tersebut untuk menggenjot proses pembangunan NCICD Stage A yang rencananya akan berdiri di kawasan pesisir Utara Jakarta

Heru berharap, pembangunan tanggul ini dapat menjadi solusi atas bencana banjir rob yang selama ini menjadi keluh kesah masyarakat di wilayah Utara Jakarta.

“Pembangunan NCICD Stage A di kawasan pesisir Utara Jakarta sebagai solusi dari ancaman air laut pasang atau banjir rob,” pungkas Heru.