Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Kesehatan Tubuh dan Pikiran Internasional : Sinergi Menuju Hidup Sehat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanggal 3 Januari menjadi hari yang diperingati sebagai hari kesehatan tubuh dan pikiran internasional setiap tahunnya.

Tidak ada penjelasan mendetail mengapa tanggal ini dipilih menjadi peringatan untuk tetap menjaga kedua bagian tersebut untuk membuat manusia tetap sehat.

Sejarah dari Hari kesehatan tubuh dan pikiran ini konon kabarnya diinisiasi oleh Hippocrates, seorang dokter dari Yunani Kumo yang dikenal sebagai figur medis terkemuka sepanjang masa. Ia pun dijuluki sebagai ‘Bapak Kedokteran’.

Dimana dahulu berkat pemikirannya lah ilmu kesehatan mampu bertumbuh pesat dan berkembang ke berbagai metode pengobatan masa kini.

Dalam metodenya pula dilakukan penelitian mengenai hubungan antara pikiran dan tubuh secara sinergis mampu menuju kehidupan yang sehat.

Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional kemudian tidak hanya sebagai bentuk untuk meningkatkan hubungan antara pikiran dan tubuh, namun juga meningkatkan kesadaran masyarakat, serta mendorong kita untuk menghargai setiap aspek kesehatan

Dalam rentang sejarahnya, hari kesehatan tersebut terbagi dalam beberapa zaman yakni:

Tahun 3000–1500 SM Ayurveda
Dianggap sebagai ilmu penyembuhan tertua dan muncul dari budaya Veda kuno, pengetahuan Ayurveda berasal dari India dan membuka jalan bagi banyak sistem penyembuhan alami modern di Barat.

2. Tahun 3000–2000 SM Pengobatan Tradisional Cina (TCM)
Bentuk pengobatan Tiongkok kuno ini dikembangkan dan melibatkan akupunktur, pengobatan herbal, bekam, pemijatan, dan latihan gerakan seperti tai chi.

3. Tahun 500 SM Pengobatan Yunani Kuno
Teori humoral, berdasarkan gagasan bahwa kesehatan yang baik berasal dari keseimbangan sempurna dari empat humor: darah, dahak, empedu kuning, dan empedu hitam, adalah sistem pengobatan utama selama ini dan Hippocrates mengembangkan Sumpah Hipokrates.

4. Tahun 1790-an Homoeopati
Dr. Samuel Hahnemann mulai mengembangkan bentuk pengobatan gratis atau alternatif yang disebut homeopati, berdasarkan gagasan bahwa “penyembuhan serupa” – dosis kecil zat alami yang menyebabkan gejala dapat membantu memperbaiki gejala yang sama.

5. Tahun 1860-an Hidroterapi
Melibatkan penggunaan air untuk menghilangkan rasa sakit, pelopor hidroterapi adalah Vincent Preissnitz dan Sebastian Kneipp pada abad ke-18 dan ke-19 — akhirnya menyebar ke AS ketika John Harvey Kellogg mulai menggunakannya di Battle Creek Sanitorium.

6. Tahun 1870-an Osteopati
Cabang praktik medis yang dikembangkan oleh Andrew Taylor Masih di AS, osteopati adalah pendekatan `langsung` untuk pengobatan gangguan medis melalui manipulasi dan pemijatan tulang, sendi, dan otot.

7. Tahun 1890-an Kiropraktik
Daniel David Palmer melakukan penyesuaian chiropractic pertama pada petugas kebersihan bernama William Harvey Lillard yang menderita ketulian sebagian karena salah satu tulang belakang di punggungnya `meletus` keluar dari posisinya.

8. Tahun 1914 Reiki
Matiji Kawakami, seorang terapis Jepang, menciptakan gaya penyembuhan yang dia sebut Reiki Ryoho — teknik penyembuhan berdasarkan prinsip bahwa terapis dapat menyalurkan energi ke pasien melalui sentuhan, untuk mengaktifkan proses penyembuhan alami tubuh pasien dan memulihkan kondisi fisik. dan kesejahteraan emosional.

9. Tahun 1950-an Pertanian organik
Gerakan ini mulai melawan efek berbahaya dari pestisida komersial, pupuk buatan, modifikasi genetik, bahan tambahan makanan, dan hormon pertumbuhan dalam pertanian dan pertanian.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru