Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tutup Tahun 2022, Gus Yaqut Bersyukur Kemenag Raih Banyak Penghargaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menyampaikan rasa syukur karena di ujung tutup tahun 2022, Kementerian Agama telah mengantongi lebih dari 22 penghargaan. Hal ini diutarakan oleh Gus Yaqut dalam acara Kaleidoskop Capaian Kinerja Kementerian Agama Republik Indonesia 2022.

“Ada lebih dari 22 apresiasi atau penghargaan yang kita terima tahun ini,” kata pria yang karib disapa Gus Yaqut dalam pidatonya, Jumat (30/12) malam.

Dalam keterangan yang dikutip Holopis.com itu, Gus Yaqut mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag untuk menjadikan 2022 sebagai ajang untuk membuat 2023 bisa lebih baik lagi.

“Ini adalah bukti kerja Bapak Ibu semua. Tapi perlu diingat, ini baru awal perjalanan,” ujarnya.

Tokoh Nahdlatul Ulama itu menyampaikan, bahwa tantangan selanjutnya akan semakin berat. Semua kalangan tentu harus mempersiapkan diri untuk kebaikan di tahun-tahun berikutnya.

“Tugas dan tantangan ke depan akan lebih berat karena benchmark sudah tinggi,” tutur Gus Yaqut.

Lebih lanjut, Menteri Agama yang juga Ketua Umum GP Ansor NU tersebut pun berkomitmen untuk terus memperbaiki kinerja Kemenag dan memberikan layanan terbaik. Bukan hanya kepada masyarakat luas, tapi juga para ASN Kemenag.

“Termasuk tadi yang disebutkan, penyuluh agama non-PNS. Ini betul-betul menjadi perhatian kami, untuk memberikan hak yang lebih manusiawi kepada penyuluh agama non-PNS,” paparnya.

Berikut adalah 20 daftar penghargaan yang sukses diraih Kementerian Agama RI ;

1. Badan Kepegawaian Negara (BKN)
Pada tanggal 30 Maret 2022, BKN merilis hasil survei terkait Pemetaan Sistem Informasi Kepegawaian Instansi pada tahun 2022. Hasilnya, Kemenag masuk kategori sangat baik.

2. MNC Portal Indonesia
Pada tanggal 31 Maret 2022, Kementerian Agama menerima penghargaan kategori Digital Innovation For Public Service Tahun 2022 dari MNC Portal Indonesia, dalam acara ‘Digital Innovation Award 2022’. Dua penghargaan diberikan untuk Aplikasi Haji Pintar dan website E-learning Madrasah.

3. Badan Pemeriksa Keuangan
Pada tanggal 27 Juni 2022, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memberikan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) tahun 2021. Kemenag berhasil mempertahankan opini WTP enam tahun berturut-turut.

4. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi
Pada tanggal 28 Agustus 2022, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong menjadi yang terbaik untuk kali ketiga dari 1.000 sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan ranking Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

5. GPR Institute
Pada tanggal 31 Agustus 2022, Kementerian Agama menerima penghargaan Top GPR Award 2022 dalam ajang yang digelar oleh Government Public Relations (GPR) Institute.

6. Kementerian Kesehatan
Pada tanggal 31 Agustus 2022, Kementerian Agama menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas dukungan dan partisipasinya dalam melaksanakan kebijakan kerja sama QR Code PeduliLindungi dalam rangka penanggulangan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

7. GESS
Pada tanggal 16 September 2022, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menerima penghargaan Stem Leaders Award 2022 dari Global Educational Supplies & Solution (GESS) Asia atas kontribusi dan konsistennya dalam mengembangkan stem robotik di dunia pendidikan.

8. KASN
Pada tanggal 6 Oktober 2022, Kementerian Agama mendapat penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2021 dengan kategori baik, dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dari pihak eksternal terhadap pelaksanaan pengisian JPT di Kemenag yang sudah dijalankan sesuai ketentuan.

9. Baznas
Pada tanggal 26 Oktober 2022, Penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai UPZ Kementerian dengan Pengumpulan ZIS Terbaik.

10. Presiden RI Joko Widodo
Pada tanggal 28 Oktober 2022, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima penghargaan Nawacita Awards 2022 kategori tokoh nasional Penguatan Kebhinekaan Indonesia. Nawacita Awards 2022 merupakan ajang apresiasi dan penghargaan kepada tokoh-tokoh nasional dalam pengimplementasian Program Nawacita yang digulirkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

11. MURI
Pada tanggal 11 November 2022, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas penyelenggaraan Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) yang digelar secara serentak oleh Perempuan Terbanyak. Tercatat dari 16.335 peserta yang daftar, ada 16.205 peserta yang diperiksa. Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di seluruh Indonesia, yang tersebar 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

12. KPK
Pada tanggal 24 November 2022, Pegawai Direktorat Jenderal Bimas Hindu Kementerian Agama meraih Penghargaan Pengendalian Gratifikasi Tahun 2022 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penghargaan diberikan kepada Dwi Arisetia dengan kategori Pelapor Gratifikasi Terinspiratif dan diserahkan langsung oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

13. Kemenpan RB
Pada tanggal 6 Desember 2022, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima penghargaan sebagai “Pembina Pelayanan Publik Terbaik” dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB).

14. Badan Wakaf Indonesia
Pada tanggal 7 Desember 2022, Kementerian Agama (Kemenag) menerima BWI Awards 2022 dalam kategori “Mitra Wakaf Aparatur Sipil Negara (ASN) Terbaik”. Penghargaan diberikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh, dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BWI di Jakarta. Kementerian bermotto Ikhlas Beramal ini mendapat BWI Award atas keberhasilannya menggerakkan wakaf ASN Kemenag hingga mencapai Rp4,6 miliar.

15. KASN
Pada tanggal 8 Desember 2022, Kementerian Agama kembali menerima Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Anugerah ini diberikan berdasarkan hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN. Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Kementerian Agama dinilai Baik oleh KASN.

16. Tempo Ministry Award
Pada tanggal 9 Desember 2022, Kementerian Agama meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Tempo Ministry Award (TMA) 2022. Tiga penghargaan TMA 2022 untuk Kementerian Agama yaitu: kategori Pengelolaan Komunikasi Terbaik, Pengelolaan Website Terbaik, dan kategori Pengelolaan Media Massa Terbaik.

17. MoeslimChoice Award 2022
Pada tanggal 9 Desember 2022, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima MoeslimChoice Award 2022. Apresiasi diserahkan oleh CEO Moeslimchoice Network Usman Rizal kepada Menag pada Malam Anugerah MoeslimChocie Award 2022 di Jakarta. Menag menerima penghargaan untuk kategori Good Governance pada MoeslimChoice Award kali kelima ini.

18. Kemenpan RB
Pada tanggal 13 Desember 2022, berdasarkan hasil survei berAKHLAK yang dilakukan Kemenpan-RB, Kementerian Agama masuk dalam kategori BEST STARTER HARMONIS. BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core Values ASN ini adalah sebuah panduan dalam berpikir, berstruktur dan berperilaku. Sedangkan employer branding ASN, yaitu bangga melayani bangsa. Survei budaya kerja tahun 2022 ini merupakan kali pertama dilakukan di Indonesia.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi, di antaranya mengenai implementasi Core Values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal. Dengan skor indeks mencapai 70,4, budaya kinerja Kementerian Agama dinilai cukup sehat.

19. BPS
Pada tanggal 19 Desember 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini merilis hasil survei indeks kepuasan jemaah haji (IKJH) 1443 H/2022 M. Berdasarkan survei BPS, IKJH 1443 H/2022 M mencapai 90,45 atau masuk kategori sangat memuaskan. Ini kali pertama kategori Sangat Memuaskan dengan indeks lebih 90. Survei IKJH sudah dilaksanakan sejak 2010.

20. Ombudsman RI
Pada tanggal 22 Desember 2022, menjelang tutup tahun, Kementerian Agama mendapat anugerah ‘Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022’ dari Ombudsman RI. Kemenag meraih nilai 90,28, dan masuk pada kategori A zona hijau dengan opini Kualitas Tertinggi Kepatuhan Standar Pelayanan Publik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru