Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Klaim Pencabutan PPKM Karena Imunitas Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa pemerintah tidak asal-asalan dalam mengambil keputusan mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Penegasan itu disampaikan Jokowi untuk merespon pertanyaan wartawan terkait momen pencabutan PPKM yang dilakukan menjelang akhir tahun dan tingginya angka kasus Covid-19 di beberapa negara, salah satunya China.

Jokowi pun menegaskan, bahwa keputusan pencabutan PPKM ini berdasarkan kajian dan masukan dari para ahli epidemiolog, serta melihat kesiapan imunitas masyarakat dalam menghadapi paparan Covid-19.

“Pencabutan PPKM ini tidak asal cabut, dilandasi kajian sains dan masukan epidemiolog, imunitas seperti apa,” kata Jokowi dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Jumat (30/12).

Dalam paparannya, Jokowi menjelaskan bahwa Sero Survei Antibodi Covid-19 per Juli 2022 menunjukkan hasil 98,5 persen. Angka itu, dikatakan Jokowi sebagai dasar penilaian bahwa kekebalan komunitas Indonesia sudah sangat baik.

Jokowi juga menyinggung terkait puncak gelombang Covid-19 yang dipicu oleh Subvarian Omicron, telah terjadi di beberapa negara pada Februari 2022. Ia mengaku bahwa Indonesia juga pernah mengalaminya dan berhasil mengendalikan dalam waktu yang terbilang singkat.

“Kita pernah juga berhasil mengendalikan dan kita termasuk sedikit negara dunia yang tidak mengalami gelombang pandemi 10-11 bulan berturut,” ujar Jokowi.

Meski setelah melewati puncak Omicron kasus harian Covid-19 di Indonesia mulai melandai, Jokowi mengaku tak mau terburu-buru mencabut PPKM saat itu. Dia mengaku lebih memilih untuk melihat terlebih dahulu perkembangan yang ada.

“Ini kehati-hatian, tidak tergesa untuk mencabut saat itu meski tidak ada lonjakan kasus,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru