HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin memastikan pemerintah akan mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), sesuai dengan pernyataan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Namun untuk kepastian kapan kebijakan PPKM tersebut dicabut, Wapres meminta masyarakat untuk bersabar dan menunggu hasil evaluasi pemerintah terkait situasi pandemi Covid-19, pascalibur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“PPKM memang akan dicabut, tapi tunggu sebentar ya. Artinya karena dianggapnya kan sudah landai, jadi menunggu hasil evaluasi Natal dan tahun baru,” kata Ma’ruf dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (29/12).

Ma’ruf pun mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan melakukan vaksinasi Covid-19, meski PPKM sudah dicabut. Dia menegaskan, dicabutnya kebijakan PPKM bukan berarti Indonesia telah bebas sepenuhnya dari ancaman Covid-19.

“Jadi tetap harus protokol kesehatannya, vaksinasi, harus tetap jalan terus ya untuk kekebalan masyarakat itu,” kata Ma’ruf.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan sinyal akan mencabut kebijakan PPKM pada tahun depan. Wacana itu muncul seiring dengan semakin landainya penyebaran kasus covid-19 di Indonesia.

“Kemarin kasus harian kita di 1200, dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB dan PPKM kita,” kata Jokowi, Rabu (21/12).