Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Lantik Laksamana Madya Muhammad Ali Jadi KSAL

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan melantik Laksamana Madya Muhammad Ali untuk mengisi posisi strategis di matra TNI Angkatan Laut. Ia akan menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono yang saat ini telah menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang telah memasuki masa pensiun itu.

Pelantikan KSAL akan dilaksanakan hari ini di Istana Negara Jakarta. Bahkan agenda pelantikan itu pun dikonfirmasi langsung oleh Presiden Joko Widodo saat melakukan blusukan ke Pasar Pujasera, Subang, Jawa Barat.

“Pelantikannya besok (hari ini -red),” kata Jokowi yang dikutip Holopis.com, Selasa (27/12) kemarin.

Kabar yang diterima tim redaksi Holopis.com, sosok KSAL pengganti Yudo Margono adalah Laksamana Madya Muhammad Ali. Saat ini, ia merupakan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Sepanjang karir Laksamana Madya Muhammad Ali, ia telah memiliki pengalaman banyak di matranya. Pada tahun 1990, ia merupakan perwira Depops KRI Sigalu 857, yang mana ia baru lulus dari Dikpasiswa angkatan ke-2. Saat itu, pangkatnya adalah Letnan Dua. Hingga pangkatnya Kapten, ia banyak menghabiskan waktu di Kapal muali dari KRI Naggala 401 sebagai Ass Padiv Ekasen tahun 1992, lalu Perwira Terpedo KRI Pasopati tahun 1993, Padivkom KRI Nanggala 402 tahun 1995 dan Kadep Kesen KRI Naggala 402 di tahun 1996. Karirnya di KRI pun ia lakoni sampai pangkat Mayor dan Letnan Kolonel (Letkol).

Lalu saat menjadi Kolonel, ia lalu mendapatkan tugas menjadi Asops Danlantamal VI/Makassar hingga Kasguskamlabar. Bahkan ia juga pernah menjadi ajudan Wakil Presiden sejak tahun 2012-2014.

Kemudian, pangkatnya naik di tahun 2015 menjadi Laksamana Pertama dengan jabatan sebagai Perwira Tinggi Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Laut bidang Ekonomi Manajemen. Lalu di tahun yang sama pula ia diamanahkan menjadi Staf Khusus KSAL, lalu tahun 2015-2017 ia merupakan Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmabar (Danguskamlabar).

Kemudian, di tahun 2018-2019, Muhammad Ali mendapatkan kenaikan pangkat sebagai Laksamana Muda dan menjabata sebagai Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), lalu di tahun 2019 ia menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAL, selanjutnya ia menjadi Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) tahun 2019-2020 dan pada tahun 2020-2021 ia merupakan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) KSAL.

Lalu jabatan terakhirnya adalah Pangkogabwilhan I di tahun 2021-2022 dengan pangkat barunya sebagai Laksamana Madya. Hingga akhirnya puncak karir di Angkatan Laut adalah sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) yang ia akan jabat mulai hari Rabu, 28 Desember 2022.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru