Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Gelombang Tinggi 6 Meter Berpeluang Terjang Perairan Wakatobi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masyarakat di Provinsi Sulawesi Tenggara yang menggunakan transportasi laut, untuk berhati-hati saat melintas perairan Wakatobi. Karena, BMKG Kendari (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) memperkirakan ada potensi terjadinya gelombang tinggi 4 – 6 meter.

Gelombang tinggi itu terjadi di perairan Selatan Wakatobi bagian Timur dan Perairan Selatan Wakatobi bagian Barat serta Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara bagian Selatan. Kondisi tersebut berlaku pada 28 Desember pukul 20.00 Wita hingga 31 Desember pukul 20.00 Wita.

Sementara di perairan laut Baubau bagian Selatan dan perairan Utara Wakatobi bagian Barat ketinggian gelombang antara 2,5 meter hingga 4 meter dengan waktu yang sama 28 hingga 31 Desember 2022.

“Pola angin umumnya dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 2 – 35 knot kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Laut Baubau di bagian selatan, serta perairan selatan Wakatobi bagian timur,” jelas Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Rabu (28/12).

Faizal menambahkan, dalam peringatan dini cuaca Sulawesi Tenggara sejak pukul 10:30 Wita hingga siang hari berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kabupaten Wakatobi yang meliputi wilayah kecamatan Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko, Wangi Wangi Selatan, Kaledupa Selatan, Tomia Timur, Togo Binongko, dan sekitarnya.

“Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Konawe meliputi kecamatan Routa, Kabupaten Buton meliputi kecamatan Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, Kabupaten Konawe Utara: Asera, Wiwirano, Langgikima, Molawe, Oheo, Andowia, Lasolo Kepulauan, Landawe, Kabupaten Buton Utara di kecamatan Kulisusu, Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, dan sekitarnya,” tambahnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga sore hingga malam. Sedangkan suhu udara berkisar 24 – 32 derajat celsius dengan kelembaban udara antara 65 – 95 persen, kecepatan angin dari Barat Daya – Barat Laut / 2 – 30 km/jam.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru