Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizNgeri, Harga Beras RI Paling Mahal Se-ASEAN

Ngeri, Harga Beras RI Paling Mahal Se-ASEAN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Dunia melaporkan harga beras di Indonesia secara konsisten menjadi yang termahal di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini.

“(Harga beras Indonesia) 28 persen lebih tinggi dari harga beras di Filipina, bahkan harganya dua kali lipat lebih mahal dibandingkan harga beras di Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Thailand,” demikian bunyi laporan Bank Dunia tersebut yang dikutip Holopis.com, Kamis (22/12).

Bank Dunia menjelaskan, mahalnya harga beras di Tanah Air dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Salah satunya penyebab itu yakni kebijakan pemerintah terkait perdagangan beras.

“Kebijakan ini meliputi pembatasan perdagangan. Misalnya, tarif impor, pembatasan kuantitatif, monopoli impor BUMN untuk komoditas utama, dan tindakan non-tarif lainnya dan pembelian harga minimum di tingkat petani misalnya, untuk beras,” jelas Bank Dunia.

Lebih jauh, Bank Dunia menjelaskan faktor lain yang menunjang tingginya harga beras di Indonesia adalah kurangnya investasi jangka panjang dalam riset dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Tak hanya itu, rantai pasokan yang panjang dan biaya distribusi yang tinggi di sebagian wilayah Indonesia juga turut menjadi penyebab tingginya harga beras di Indonesia.

“Hal itu tak lain karena kondisi geografis Indonesia yang cukup kompleks,” tulis Bank Dunia

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Wamentan Optimis Indonesia Mampu Susul Tiongkok Wujudkan Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono optimis, Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, yang saat ini memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 1 miliar jiwa.

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi.