Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

KPU Dorong Perempuan Ikut Pemilu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Betty Epsilon Idroos mengajak para kaum perempuan untuk terlibat aktif dalam pemilihan umum (pemilu). Salah satunya bisa ikut mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di DPR maupun DPRD di tingkat Provinsi maupun Kabupaten atau Kota.

“Apalagi keterlibatan perempuan dalam pemilu juga diakomodasi melalui affirmative action, dimana di setiap level kepengurusannya memerhatikan keterwakilan perempuan 30 persen,” kata Betty dalam keterangannya di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat seperti dikutip Holopis.com, Kamis (22/12).

Menurut Betty, regulasi yang mendukung perempuan untuk terlibat dalam pemilu termaktub dalam UUD 1945, UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan UU Nomor 2 Tahun 2008 jo UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik.

“Dan dalam mencalonkan anggotanya di pemilu DPR dan DPRD setiap partai politik diminta menyertakan minimal 30 persen perempuan dalam daftar calonnya,” ujarnya.

Adapun pentingnya keterlibatan perempuan dalam penyelenggara pemilu adalah memastikan kesetaraan akses bagi perempuan masuk lembaga negara, mengingat lembaga negara adalah jantung dari pembuatan keputusan politik. Selain itu, hal ini juga sesuai dengan amanat UU Nomor 15 Tahun 2011 Pasal 6 ayat 5 dan Pasal 72 ayat 8.

Pasal 6 ayat 5, berbunyi ;
Komposisi keanggotaan KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota memperhatikan keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30% (tiga puluh persen).

Pasal 72 ayat 8, berbunyi ;
Komposisi keanggotaan Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Panwaslu Kabupaten/Kota memperhatikan keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30% (tiga puluh persen).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Philip Mehrtens Bebas dari Jerat Teroris Papua

Susi Pudjiastuti merespon kabar bebasnya Kapten Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dari jeratan teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua.

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru