HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama periode libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2022 – 2023, Kemenkes (Kementerian Kesehatan) menyiapkan sebanyak 14.641 sarana layanan kesehatan di jalur mudik.

Fasilitas layanan kesehatan itu, terwujud berkat kerja sama dengan instansi terkait hingga pemerintah daerah.

“Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2023, sejumlah fasilitas layanan kesehatan telah kami siagakan di seluruh jalur mudik. Total ada sekitar 14.641 sarana kesehatan sudah kami siapkan,” ujar Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes, Yanti Herman kepada Holopis.com, Kamis (22/12).

Yanti merincikan fasilitas layanan kesehatan yang ada, terdiri dari 901 pos kesehatan, 10.321 puskesmas, 3.117 rumah sakit, 51 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 251 Public Safety Center (PSC) 119

Khusus untuk puskesmas, rumah sakit dan PSC 119 yang berada di jalur mudik utama. Wajib mempersiapkan SDM dan pelayanan selama 24 jam.

Seperti diketahui, pada masa libur Nataru tahun ini tidak ada pembatasan pergerakan yang diterapkan oleh pemerintah. Sehingga, diperkirakan akan ada lonjakan mobilisasi masyarakat.

Ada sekitar 44,17 juta orang diperkirakan akan melakukan mobilisasi atua sekitar 16,35 persen. Sebanyak 7,1 juta orang atau 16,65 persen, diperkirakan berasal dari wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Namun, Yanti mengingatkan potensi peningkatan kasus Covid-19 masih mungkin terjadi ditengah peningkatan mobilisasi masyarakat. Selain itu, masyarakat yang melakukan perjalanan, juga harus tetap berhati – hati agar tidak terjadi kecelakaan.

“Pandemi belum sepenuhnya berakhir, potensi penularan masih ada, bahkan penularan untuk penyakit infeksi lainnya untuk menekan potensi penularan penyakit,” katanya.