HOLOPIS.COM, BOGOR – Presiden Jokowi menerima kunjungan Presiden Vietnam, Nguyễn Xuân Phúc di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Jokowi mengharapkan sejumlah dukungan dari negara Vietnam untuk Indonesia, khususnya di bidang investasi.

“Vietnam merupakan mitra strategis Indonesia sejak tahun 2013 dan pada pertemuan tadi kita telah membahas berbagai peningkatan kemitraan strategis, baik secara bilateral maupun kawasan,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (22/12).

Jokowi mengungkapkan, nilai perdagangan sebesar 10 miliar dolar AS yang ditargetkan dicapai pada tahun 2023 telah terpenuhi di tahun 2021 dengan angka sebesar 11,06 miliar dolar AS. Untuk itulah kedua belah negara sepakat untuk dilakukannya peningkatan kerjasama di bidang perdagangan.

“Dalam lima tahun terakhir terdapat peningkatan perdagangan sebesar 9,77 persen. Untuk itu, kita sepakat menetapkan target baru perdagangan bilateral sebesar 15 miliar dolar AS pada tahun 2028,” terangnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta Presiden Nguyễn Xuân Phúc untuk memperlancar ekspor komoditas pertanian dari Indonesia ke Vietnam.

“Indonesia meminta perhatian terhadap masih terhambatnya produk pertanian dan buah-buahan Indonesia untuk masuk ke pasar Vietnam,” pintanya.