HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memori iPhone atau Kapasitas penyimpanan di smartphone, jadi sebuah pertimbangan sebelum memilih mana yang cocok untuk mendukung aktivitas seseorang. Saat tempat penyimpanan mulai penuh, terkadang beberapa dokumen seperti foto atau video harus dipindahkan bahkan dihapus.

Selain itu, saat ada pembaharuan sistem operasi akan sulit saat di-update, seperti pada iPhone. Namun, dikutip Holopis.com dari Cnet, Kamis (22/12), iPhone sebenarnya punya 2 pengaturan yang bisa dipakai agar kapasitas tetap terjaga.

Dengan kedua cara itu, pengguna iPhone tidak perlu lagi menghapus data – data dari smartphone untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan yang cukup. Kedua cara tersebut yakni :

1. Optimalisasi Foto dan Video
Fitur optimalisasi foto dan video ada di iPhone, bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lega tanpa perlu menghapusnya.

Untuk menggunakannya, pertama masuk ke bagian setting. Lalu, pilih Optimize iPhone Storage. Namun perlu diingat, sebelum menggunakannya aktifkan pengaturan iCloud Photos terlebih dahulu.

Sementara itu, perangkat menyimpan foto dan video dalam resolusi lebih rendah sehingga tidak banyak memakan kapasitas seperti berkas pada resolusi penuh.

Jika membutuhkan foto resolusi penuh, pengguna bisa mengunduh foto itu pada aplikasi Photos. Pengguna juga bisa mempertimbangkan untuk membeli kapasitas tambahan di iCloud.

2. Offload Aplikasi yang Jarang Digunakan
Dengan memakai fitur offload, aplikasi yang jarang digunakan tidak dihapus dari smartphone. Tapi, aplikasi itu tidak bisa digunakan meskipun masih berada di iPhone.

Kunjungi Settings lalu General untuk menemukan fitur offload aplikasi. Setelah itu, pilih iPhone Storage untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak memakan kapasitas.

Aplikasi bawaan iPhone, misalnya kamera, tentu tidak bisa dihapus. Ketuk aplikasi yang diinginkan kemudian pilih “offload“.

Ketika ingin menggunakan aplikasi yang terkena offload, pengguna bisa mengunjungi App Library kemudian mengunduh kembali aplikasi itu.

Salah satu keuntungan lain dari offload dibandingkan menghapus aplikasi adalah pengguna tidak perlu masuk (sign in) ke aplikasi.