Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizPemerintah Siapkan Anggaran Rp470 Triliun untuk Bansos Tahun Depan

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp470 Triliun untuk Bansos Tahun Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan anggaran setidaknya Rp470 triliun untuk bantuan sosial (bansos) pada tahun 2023 mendatang.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani menegaskan, anggaran tersebut bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat, sekaligus sebagai jaring pengaman sosial masyarakat rentan dalam menghadapi gejolak ekonomi dan ketidakpastian global.

“Tahun depan bansos kami mencapai Rp 470 triliun. Nilai itu untuk menjaga daya beli masyarakat dan memberikan jaring pengaman sosial, terutama kepada kelompok yang rentan,” kata Sri Mulyani dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023 yang dikutip Holopis.com, Rabu (21/12).

Sri Mulyani menambahkan, strategi fiskal yang bakal dilakukan Indonesia ke depan adalah menjaga dan terus memperbaiki fundamental sumber pertumbuhan ekonomi di dalam negeri.

“Beberapa aspek di dalam negeri yang bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, yakni konsumsi, investasi, peraturan, hingga insentif yang bisa meningkatkan kompetitif ekspor Indonesia,” tambahnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menuturkan, salah satu solusi untuk bertahan dari badai ekonomi global adalah dengan menjaga daya beli masyarakat di dalam negeri.

“Hal itu disebabkan ekonomi Indonesia lebih banyak ditopang oleh konsumsi rumah tangga dalam negeri,” tuturnya.

Tak hanya itu, Pemerintah kata Sri Mulyani, juga tengah menyiapkan strategi untuk menarik investasi sebagai upaya agar belanja pemerintah di tahun depan menjadi lebih produktif.

“Bapak presiden hari ini menyampaikan sangat spesifik, belanja pemerintah yang kualitasnya masih harus diperbaiki. Jadi bukan hanya besarnya belanja, tapi kualitas belanja beliau sangat tekankan,” tandas Sri Mulyani.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.