Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizJokowi Sesalkan Banyak Aset Tambang Nganggur Hingga 15 Tahun

Jokowi Sesalkan Banyak Aset Tambang Nganggur Hingga 15 Tahun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku prihatin melihat banyak aset-aset di sektor pertambangan yang dibiarkan begitu saja tanpa memberikan dampak positif terhadap perekonomian negara.

Bahkan yang lebih memprihatinkan lagi, aset-aset tersebut dibiarkan menganggur atau tidur selama kurang lebih 15 tahun.

“Kita ini terlalu banyak membiarkan aset-aset negara yang tidur dan aset-aset yang nganggur gak produktif. Di beri izin konsesi oleh kementerian ke swasta atau BUMN 20 tahun di biarkan. 15 tahun gak di apa-apa in, 10 tahun gak di apa-apain,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (21/12).

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta jajarannya, yakni Menteri Investasi atau Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia dan Menteri ESDM, Arifin Tasrif untuk mencabut aset-aset yang tidak produktif tersebut.

Sebagai informasi, Pemerintah melalui Kmenterian ESDM sejatinya telah menindaklanjuti aset-aset tersebut, dengan mencabut konsesi lahan tambang baik mineral dan batu bara sebanyak 2.078 Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Jokowi meminta, aset-aset yang menganggur tersebut diberikan kepada perusahaan yang memiliki kemampuan finansial yang baik.

“Dan berikan yang memiliki kemampuan finansial supaya aset itu produktif. Sehingga memberi dampak positif pada ekonomi kita,” pintanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...