Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizJokowi Sebut BUMN Habiskan Anggaran Sia-Sia

Jokowi Sebut BUMN Habiskan Anggaran Sia-Sia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mengungkapkan perilaku BUMN yang konsumtif dan menghabiskan anggaran untuk sesuatu yang kemudian malah tidak digunakan.

“Dibangun gedung, dibiarkan nganggur, disewakan juga tidak, dipakai juga tidak. Hal-hal seperti ini harus kita hentikan, berhenti. Dibelikan peralatan, tidak dioperasionalkan, ditumpuk di gudang,” ungkap Jokowi dalam pernyataannya seperti dikutip Holopis.com, Rabu (21/12).

“Banyak itu. Coba cek di dinas-dinas, di BUMN-BUMN, banyak sekali. Dipikir saya enggak tahu,” sambungnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga meradang ketika dirinya mengetahui bahwa terlalu banyak aset-aset negara menjadi tidur dan menganggur serta tidak produktif.

“Diberi izin, kementerian memberikan izin pada swasta ataupun BUMN. Diberi izin konsesi, 20 tahun dibiarkan, enggak diapa-apain, 15 tahun enggak diapa-apain, 10 tahun enggak diapa-apain,” bebernya.

Atas dasar itulah, Jokowi kemudian memerintahkan Menteri Investasi, Menteri ESDM untuk mencabut konsesi tersebut dan memberikan kepada yang memiliki kemampuan dan lahan itu menjadi lahan produktif.

“Kemarin dicabut 2.078 konsensi-konsesi, baik hutan, konsesi hutan maupun konsesi tambang. Cabut dan berikan kepada yang memiliki kemampuan baik finansial, kemampuan SDM untuk menggarap aset-aset itu menjadi aset-aset yang produktif sehingga memberikan dampak yang positif pada ekonomi kita,” jelasnya.

Jokowi kemudian mendorong agar perilaku para BUMN yang tidak produktif dan malah pemborosan anggaran itu bisa segera dihentikan.

“Inilah hal-hal yang menyebabkan kita tidak produktif, hal-hal, dimulai dari hal-hal seperti ini. Atau membeli alat yang sebetulnya tidak diperlukan, juga banyak pembelanjaan hal-hal yang tidak produktif seperti ini,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.