HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ada kejanggalan saat gol ketiga Argentina yang dibukukan Lionel Messi di final Piala Dunia 2022 kontra Prancis.

Disebutkan bahwa gol yang terjadi di babak tambahan, tepatnya pada menit ke-108 oleh Lionel Messi tersebut dinilai tidak sah, dan sangat bisa dianulir.

Sebelumnya, diketahui bahwa Argentina yang ketika itu menguasai jalannya pertandingan mampu mencetak dua gol sekaligus di babak pertama, yaitu oleh Lionel Messi di menit 23 dan Di Maria di menit 36.

Kemudian disusul dua gol cepat Prancis di 10 menit menjelang waktu normal, dimana Kylian Mbappe cetak brace pada menit ke-80 dan 81.

Kedudukan skor imbang tersebut terpaksa membawa pertandingan ditentukan melalui babak tambahan.

Tepai di menit 108, Lionel Messi mencetak gol ketiga untuk Argentina melalui bola muntah.

Ketika itu lah ada kejanggalan yang terjadi, dimana kabarnya gol tersebut seharusnya bisa dianulir karena ada dua pemain cadangan Argentina yang saat itu melakukan pemanasan di luar lapangan, tiba-tiba masuk ke lapangan.

Peristiwa itu diungkap langsung oleh supporter Prancis yang jeli melihat siaran ulang gol tersebut.

Gol Lionel Messi itu sejatinya sempat dicek melalui VAR, namun hanya menganalisa kemungkinan offside dari Lautaro Martinez, dan tidak memperlihatkan kemungkinan lain.

“Argentina subs di lapangan ketika gol telah terjadi, bagaimana VAR melewatkannya,” tulis seorang supporter Prancis, seperti dikutip Holopis.com dari Sportbible, Selasa (20/12).

“Baru saja melihat gol ketiga Argentina, 3 pemain pengganti berada di lapangan sebelum bola melewati garis, bukankah itu harus dianulir,” kata seorang supporter lain.

“Sebelum tembakan Messi melewati garis gawang, pemain pengganti Argentina telah memasuki lapangan permainan. Artinya mereka memiliki 13 pemain di lapangan ketika dia mencetak gol. Dengan VAR di tempat, gol ini seharusnya tidak sah,” ungkap supporter Prancis.

Sebagai informasi, usai hal itu terjadi, Prancis mampu menyamakan kedudukan skor menjadi 3-3.

Pertandingan pun harus ditentukan melalui babak penalti, dengan skor akhir 4-2 dimenangkan Argentina, yang sekaligus mengunci gelar juara Piala Dunia 2022.