HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dunia permainan anak saat ini sedang diramaikan dengan mainan jadul (jaman dulu) Latto Katto yang juga dikenal sebagai bola etek-etek, atau bola tok tok.

Permainan dua bola berbahan dasar plastik padat dan berat yang diikat tali dan saling bertabrakan itu, saat ini lebih dikenal dengan nama “bola TikTok” lantaran video yang sedang viral di platform media sosial tersebut.

Namun, ternyata ada yang harus dikhawatirkan ketika anak-anak memainkan mainan ini tanpa pengawasan. Bola tersebut terbuat dari bahan yang cukup keras dan pastinya akan menyakitkan bila terkena anggota tubuh pemainnya.

Beberapa unggahan di media sosial memperlihatkan anak-anak yang cedera mulai dari muncul benjolan dan memar-memar di tubuhnya.

Seorang anggota BPBD dengan akun @marwankiwongpaser membagikan sebuah video bagaimana kerasnya bola TikTok tersebut jika dimainkan dengan kencang.

“Awasi putra putri anda dalam permainan ini agar tidak terjad hal-hal yang tidak diinginkan,” tulis Kiwong seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (17/12).

https://www.instagram.com/reel/CmL5eDsgh-P/?igshid=ZmRlMzRkMDU=

Kiwong juga berharap para orang tua dapat bijak dalam memilih mainan anak. Ia mengaku mendapat banyak laporan anak yang cedera seperti gigi patah, benjol, mata bengkak, dan badan memar yang diakibatkan mainan tersebut.