HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hasil survei yang dilakukan lembaga servei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan sejumlah hal menarik perihal elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024.

Sejumlah hal menarik tersebut, salah satunya datang dari Partai Perindo yang memperoleh suara elektabilitas yang cukup tinggi pada survei Desember 2022, yakni sebesar 4,6 persen.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, bahwa capaian Partai Perindo dalam survei tersebut terbilang cukup menonjol, mengingat posisi Partai Perindo sebagai partai non-parlemen.

“Kalau kita amati, Partai Perindo cukup menonjol sebagai partai non-parlemen mendapat dukungan 4,6 persen, biasanya di angka 2,6 persen,” kata Deni dalam paparan surveinya yang dikutip Holopis.com, Minggu (18/12).

Berdasarkan hasil survei tersebut, elektabilitas partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo itu melampaui partai-partai parlemen seperti Nasdem, PPP dan PAN.

Terlihat elektabilitas Partai Nasdem pada survei kali ini hanya sebesar 3,2 persen, PPP 2,9 persen, dan PAN hanya sebesar 1,7 persen.

Kendati demikian, Deni menyebut bahwa kenaikan elektabilitas Partai Perindo masih bersifat dinamis, dan masih bisa mengalami perubahan dalam survei-survei yang akan datang.

“Kita perlu lihat terus dalam survei ke depan, apakah kenaikan ini terjadi secara konsisten,” tutupnya.

Sebagai informasi, survei yang dilakukan oleh SMRC berlangsung secara tatap muka pada 3-11 Desember 2022. Responden dari survei kali ini sebanyak 1.220 responden yang dipilih secara acak, dengan metode pengambilan sampel stratified multistage random sampling.

Kemudian margin of error dari survei ini diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.