HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi angkat bicara terkait pernyataan Anies Rasyid Baswedan yang menyinggung pemerintah terkadang mematikan kritik.

Menurut pria yang akrab disapa Awiek itu, pemerintah saat ini di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbuka dengan kritikan yang ada.

“Nggak ada itu yang antikritik, semuanya boleh dikritik. Bahkan Pak Jokowi dikritik habis santai aja,” kata Awiek dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (18/12).

Awiek lantas meminta Anies untuk membuktikan tuduhannya tersebut. “Jadi sebaiknya Anies buktikan saja, tidak perlu playing victim gitu,” pintanya.

Dia juga berharap, agar bakal calon presiden (bacapres) Partai Nasdem tak menggiring isu-isu yang menjelekkan pemerintah Jokowi.

“Sebaiknya jelaskan saja, mana contohnya seperti apa, jangan hanya menggiring isu isu yang justru menimbulkan kejelekan-kejelekan yang tidak perlu,” ucapnya.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Anies Baswedan menyebut bahwa pemerintah terkadang melakukan pembungkaman terhadap kritikan yang ada melalui cara-cara tertentu.

Salah satunya adalah meminta agar pengritik berhenti untuk menyampaikan kritikannya.

“Kita kadang-kadang di pemerintahan itu matiin tuh kritiknya. Tolong dong ditelepon jangan kritik lagi,” kata Anies.

Pernyataan itu disampaikan Anies dalam podcast bersama Imam Priyono dan Hendri Satrio, yang disiarkan di Kanal YouTube R66 Newlitics.