Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJelang Tutup Tahun, Serapan Dana APBD Masih Sisa Rp300 Triliun

Jelang Tutup Tahun, Serapan Dana APBD Masih Sisa Rp300 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi belanja anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) masih berada di kisaran 75 persen menjelang akhir tahun 2022 ini.

Artinya, dana APBD yang dialokasikan Kemenkeu untuk tahun ini masih tersisa Rp300 triliun dari pagu anggaran yang sebesar Rp1.200 triliun.

“Menurut pantauan kami sampai hari ini, APBD secara nasional baru sekitar 75 persen realisasinya,” kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Luky Alfirman dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (17/12).

Luky pun menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, Tranfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang telah digelontorkan pemerintah pusat sudah hampir menyentuh 100 persen.

Tercatat, total dana TKDD yang telah disalurkan hingga Jumat (16/12), sebesar Rp 752,81 triliun atau 93,54 persen dari target penyaluran TKDD 2022 yang sebesar Rp 804,78 triliun.

Melihat data tersebut Luky mengatakan, bahwa pihaknya akan terus mendorong serapan APBD untuk program-program pembangunan masyarakat di daerah guna memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Itu yang akan kami dorong terus bagaimana uang yang sudah ada dikonversikan dalam bentuk pembangunan-pembangunan yang bisa dinikmati masyarakat,” tuturnya.

Luky berharap, penggunaan TKDD menjelang akhir tahun dapat dioptimalkan, sehingga realisasinya mencapai 100 persen.

Hal itu, kata dia, diharapkan dapat memberikan dorongan efek berganda atau multiplier effect terhadap pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di daerah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.