HOLOPIS.COM, JAKARTA – Portugal secara resmi memberhentikan pelatih timnas mereka, Fernando Santos usai gagal di Piala Dunia 2022.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Federasi Sepakbola Portugal (FPF) dalam sebuah pernyataan resmi, pada Kamis (15/12).

“Federasi Sepak Bola Portugal dan Fernando Santos sepakat untuk mengakhiri perjalanan sukses yang dimulai pada September 2014. Setelah salah satu partisipasi terbaik Tim Nasional di tahap akhir Kejuaraan Dunia, di Qatar, FPF dan Fernando Santos memahami bahwa ini adalah saat yang tepat untuk memulai siklus baru,” tulis pernyataan FPF, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (16/12).

“Dengan Fernando Santos sebagai ketua Tim Nasional, negara kita memenangkan dua kompetisi internasional untuk pertama kalinya: Euro 2016 yang tak terlupakan, di Prancis, dan Liga Bangsa-Bangsa, pada 2019. Selain gelar yang diraih, Fernando Santos menjadi pelatih dengan permainan dan kemenangan terbanyak,” sambungnya.

“Merupakan suatu kehormatan memiliki pelatih dan orang seperti Fernando Santos di kepala Tim Nasional. FPF berterima kasih kepada Fernando Santos dan tim teknisnya atas layanan yang diberikan selama delapan tahun yang unik dan percaya bahwa terima kasih ini juga dilakukan atas nama rakyat Portugis,” sambungnya.

Terakhir, dalam pernyataan FPF menjelaskan bahwa kini Portugal akan memulai proses pemilihan pelatih baru untuk ke depannya.

Sebagai informasi, Portugal sendiri tersingkir dari Piala Dunia 2022, usai kalah atas Maroko di babak perempat final.