HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui bahwa pihaknya mencurigai asal harta kekayaan yang dimiliki oleh Ferdy Sambo.

Namun ternyata, Ferdy Sambo hanya sebagian kecil dari sejumlah pejabat yang dicurigai oleh KPK karena memiliki jumlah harta yang tak wajar dengan profesinya.

“Ya, kalo masalah curiga sih, nggak hanya yang bersangkutan (Ferdy Sambo). Kan banyak pejabat negara yang punya kekayaan negara nggak wajar. Rumah di Pondok Indah itu punya siapa? Siapa saja pejabat punya rumah di situ?” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (11/12).

Alex pun menjelaskan, dalam kondisi yang wajar, harta para pejabat negara seharusnya bisa terpantau dengan pendapatan yang diberikan negara untuk mereka.

“Kan gaji penghasilan penyelenggara negara, pejabat negara itu terukur, mulai dari pangkat terendah sampai pensiun. Itu semua ada SK-nya, tunjangan, gaji pokok berapa,” jelasnya.

Alex pun menambahkan, harta tak wajar itu dengan mudahnya bisa terdeteksi dari hasil kalkulasi yang telah dijelaskan sebelumnya tadi. Dari situlah kemudian akan terlihat darimana asal harta yang datang secara mendadak tersebut.

“Tinggal diakumulasi saja kan, kapan dia masuk, kapan pensiun, punya penghasilan di luar penyelenggara negara, sebagai ASN atau tidak. Kalau punya bisnis, harus diungkap. Bisnis apa? Penghasilan berapa?” pungkasnya.