Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizKemenkeu Minta Bupati Meranti Minta Maaf Terbuka

Kemenkeu Minta Bupati Meranti Minta Maaf Terbuka

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo meminta dengan tegas agat Bupati Kabupaten Meranti, Muhammad Fadhil untuk meminta maaf secara terbuka di hadapan publik tentang sengkarut perdebatan di sebuah acara Rapat Koordinasi Nasional terkait Pengelolaan Pendapatan Belanja Daerah se-Indonesia di Pekanbaru kemarin.

“Kepada saudara Muhammad Adil, agar segera minta maaf secara terbuka dan melakukan klarifikasi agar tidak terjadi penyesatan publik yang lebih luas,” kata Yustinus dalam sebuah video yang dilihat Holopis.com, Minggu (11/12).

Ia menegaskan bahwa Kementerian Keuangan sangat keberatan dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Kepulauan Meranti dalam sesi rapat tersebut. Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Bupati Adil sangat tidak adil kepada pemerintah pusat.

“Kami keberatan dan menyayangkan pernyataan Bupati Meranti, saudara Muhammad Adil yang sungguh-sungguh tidak adil. Karena mengatakan pegawai Kementerian Keuangan iblis atau setan. Ini jelas ngawur dan menyesatkan,” ucapnya.

Kemudian, Yustinus juga menjelaskan bahwa sejauh ini Kementerian Keuangan sudah sangat transparan dan adil dalam persoalan bagi hasil.

“Kementerian Keuangan justru sesuai Undang-Undang telah menghitung dan menggunakan data resmi Kementerian ESDM dalam membagi Dana Bagi Hasil (DBH),” paparnya.

Dana bagi hasil tersebut kata Yustinus tidak hanya diberikan kepada daerah penghasil dari kekayaan alam saja, akan tetapi dibagi juga kepada daerah-daerah sekitar sehingga semua wilayah bisa ikut merasakan manfaatnya.

“Dana yang dipakai bukan untuk daerah penghasil saja, tapi juga daerah sekitar agar merasakan kemajuan dan kemakmuran bersama-sama,” ujarnya.

Bahkan kata Yustinus, dana bagi hasil yang ditransfer oleh pemerintah daerah pun lebih besar dari anggaran pendapatan daerah Kabupaten Meranti. Sehingga menurutnya, tidak sepatutnya statemen Bupati Muhammad Adil semacam itu dilontarkan.

“Kementerian Keuangan juga telah mengalokasikan pada 2022 ini, transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp872 miliar atau 75% dari APBD Kabupaten Meranti, atau 4 kali lipat dari PAD Meranti sebesar Rp222 miliar,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.