HOLOPIS.COM, JAKARTA – Usai melangsungkan akad nikah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono langsung dapatkan KTP dan KK (Kartu Keluarga) baru dengan status yang pastinya berubah.

Dalam laman Youtube Joko Widodo yang dilihat Holopis.com, Minggu (11/12), terlihat Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Depok, Muhammad Wiyono menyerahkan beberapa dokumen yang diterima langsung oleh Kaesang dan Erina.

“Disampaikan pula pada kedua mempelai sertifikat bimbingan perkawinan, serta KTP dari Dukcapil dengan status menikah. Disampaikan pula sertifikat elsimil dari BKKBN,” kata pembawa acara.

Apa yang diterima pasangan pengantin baru itu, bukan karena mempelai prianya adalah anak Presiden. Namun menurut keterangan dalam laman Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, program tersebut adalah Manten Anyar Dapat Empat Dokumen (MANTAP).

Program MANTAP itu sudah berlaku sekitar tahun 2020, dimana pengantin baru di Yogyakarta bisa langsung mendapatkan surat nikah, kartu nikah, kartu keluarga (KK) dan e-KTP status menikah di hari pernikahan.

Sementara, untuk pengantin non muslim dinamakan Manten Anyar Entok Telu (MANTUL) di mana pengantin akan langsung mendapat surat nikah, kartu keluarga, dan e-KTP.

Seperti diketahui, akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berlangsung pada Sabtu (10/12) dengan mahar Rp 300 ribu serta logam mulia sebesar, 10, 12, 20, 22 gram. Resepsi atau tasyakuran pernikahan berlangsung pada Minggu (11/12) di Pura Mangkunegaran, Solo.