HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pelatih utama Timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi atau biasa disebut Tite, menegaskan bahwa seluruh khalayak umum harus menghormati budaya masing-masing tim, termasuk Brasil di Piala Dunia 2022, salah satunya adalah selebrasi gol berupa tarian.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung olehnya menjelang laga Kroasia vs Brasil di laga perdana babak perempat final Piala Dunia 2022, Jumat (9/12).

“Ini bukan pilihanku, tim Brasil lah yang menjadi tanggung jawab saya sebagai pelatih. Saya tidak akan mengomentari orang yang tidak tahu sejarah Brasil, budaya Brasil,” ungkap Tite, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Timnas Brasil, Jumat (9/12).

“Saya ingin memiliki hubungan dengan pekerjaan saya, dengan orang-rang yang mengidentifikasi diri saya dan pekerjaan saya, yang tahu tentang rasa hormat dan sejarah saya. Saya menjaga perhatian dan hati saya, cara saya berhati-hati dan akan terus demikian karena saya menghormati budaya dan tim tempat saya bekerja,” sambungnya.

Diketahui, Timnas Brasil mendapat kritikan dari salah satu legenda Manchester United yang saat ini menjadi pundit sepakbola, yakni Roy Keane soal selebrasi tarian Tim Samba.

Sebelumnya, Brasil melakukan selebrasi tarian di setiap golnya saat melibas habis Korsel 4-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bahkan, Tite pun ikut menari dengan para pemain.

Hal tersebut lantas mendapat kritikan tajam dari Roy Keane, yang menyebut bahwa skuad Brasil tak menghormati negara lain lewat selebrasinya itu.

Terkait hal itu juga, Tite menanggapi bahwa itu adalah cara pendekatannya dengan para pemain, sebagai bentuk apresiasi.

“Ini koneksi dengan generasi muda. Hubungan dengan saya yang berusia 61 tahun, dengan atlet berusia 25, 22, 23 dan siapa yang bisa menjadi cucu saya. Saya menghasilkan koneksi dengan mereka. Mereka yang benar-benar mengenal saya, yang tahu di balik layar, saya hargai.Jika saya harus menari, saya akan menari,” tukasnya.

Sebagai informasi, Brasil sendiri akan melakoni laga perdana babak perempat final Piala Dunia 2022 melawan Kroasia pada Jumat (9/12) pukul 22.00 WIB.