HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dukungan negara-negara islam di Piala Dunia 2022 terhadap Palestina bukan isapan jempol belaka.

Banyak bentuk dukungan terhadap Palestina seiring dengan berlangsungnya Piala Dunia 2022 di Qatar, baik berupa pengibaran bendera maupun dukungan berupa nyanyian atau slogan-slogan.

Banyak sekali dukungan yang mengalir, seperti hal nya ketika salah satu pemain Maroko, Jawed El-Yamiq, mengibarkan bendera Palestina ke arah penonton pasca laga kontra Kanada.

Ada juga dukungan yang mengalir dari supporter yang menyaksikan Piala Dunia 2022, baik yang langsung di tribun stadion maupun di luar stadion.

Terkait hal ini juga, salah satu kolumnis dari Arab News, Ramzy Baroud menjelaskan bagaimana pengalaman tersebut terjadi saat melihat pertandingan persahabatan klub di Liga Maroko, Raja Casablanca kontra AS Roma di Olimpico Stadium.

“Supporter Maroko menyanyikan lagu tentang Palestina dan memakai keffiyeh yang mengandung warna bendera Palestina. Itu adalah gestur yang menghangatkan hati, tipikal pendukung Arab di pertandingan bola,” ungkapnya, dikutip Holopis.com dari Arab News, Kamis (8/12).

Lanjutnya, Ramzy menceritakan di luar lapangan bahwa para supporter Maroko juga mendukung Palestina dengan nyanyian.

“Palestina ada di darah kami. Cinta kepada Palestina mengalir di nadi kami,” ucapnya.

Kemudian Ramzy juga menerangkan mengutip sebuah penelitian Arab Opinion Index tahun 2020 yang menerangkan, 85 persen responden kontra atas tindakan Israel terhadap Palestina.

“Tentu, orang Arab terang-terangan dukung perjuangan Palestina untuk kemerdekaannya,” tukasnya.

Sebagai informasi, Piala Dunia 2022 tentu menjadi momen tersendiri sebagai ajang dukungan untuk Palestina yang sampai saat ini dibelenggu Israel.

Sebelumnya juga sempat viral di muka publik bahwa, beberapa wartawan dari Israel ramai mendapatkan penolakan wawancara dari para supporter Piala Dunia 2022.