HOLOPIS.COM, JAKARTA – Surat edaran yang dikeluarkan MUI Jawa Barat (Majelis Ulama Indonesia) menyatakan, bahwa musibah bencana bukanlah sebuah azab dari Tuhan. Hal tersebut disampaikan, Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, Rafani Achyar.

Dikeluarkannya surat edaran itu, berkaitan dengan informasi di media sosial yang mengaitkan gempa bumi yang terjadi di Cianjur dengan azab.

“Surat edaran ini nanti ditujukan ke MUI tingkat kabupaten/kota. Ini dilakukan supaya dijadikan tema-tema pengajian atau khutbah dengan mengangkat tema tentang pentingnya memberi pertolongan bantuan kepada saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah, itu intinya,” kata Rafani dikutip Holopis.com dari laman MUI, Kamis (8/12).

Rafani menegaskan, jangan sesekali memberikan penilaian miring atau membuat opini terhadap bencana alam yang terjadi seperti gempa bumi Cianjur. Karena, masih banyak orang baik yang jadi korban gempa bumi Cianjur.

“Jangan sekali-kali menyebutkan mereka ini adalah kelompok masyarakat yang sedang diazab. Kami akan memberikan bahan ini juga ya untuk counter opini, hikmah yang harus kita ambil, memang ini bencana datang dari Allah, tapi jangan menyimpulkannya sebagai azab,” tegasnya.