HOLOPIS.COM, JAKARTA – Produksi iPhone akan dipindahkan Apple ke luar China, karena adanya kebijakan nol-COVID di China yang menghambat produksi iPhone hingga kerusuhan karyawan di pabrik.

Dikutip Holopis.com dari The Wall Street Journal, Senin (5/12), ada dua negara yang kemungkinan akan jadi tujuan Apple untuk produksi iPhone yakni India dan Vietnam.

Apalagi, Apple diketahui sudah untuk ekspansi produksi iPhone yaitu India dan Vietnam. Apple memang sudah memiliki basis produksi dengan mitra supply chain di dua negara tersebut.

Beberapa varian iPhone terdahulu, diproduksi Apple di India dan Brasil. Sementara itu, Vietnam menjadi lokasi pabrik Luxshare dan Inventec, dua mitra perakit utama Apple untuk memproduksi AirPods dan HomePods.

Sedangkan di China, Apple masih bergantung pada pabrik Foxconn yang berada di Zhenzghou dan Shenzhen. Pabrik tersebut, telah memproduksi sebanyak 70 persen iPhone yang dipasarkan di seluruh dunia.

Proses pemindahan lokasi produksi ini, memang tidak mudah dan butuh waktu. Apalagi dengan infrastruktur yang harus dibangun secara bertahap serta tenaga kerja yang murah di China, agak sulit ditemukan di negara lain.

Sebagai informasi, sejak awal November 2022 Apple mengatakan bahwa iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan jadi barang langka jelang libur akhir tahun.

Kelangkaan iPhone 14 disebabkan oleh gangguan produksi di pabrik Foxconn di Zhengzhou akibat lockdown COVID-19 dan protes karyawan. Untuk mengatasi kelangkaan iPhone, Foxconn pun perbanyak produksi di pabrik India.