HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memutuskan untuk menggeser jabatan Marullah Matali, dari Sekda DKI menjadi Deputi Gubernur DKI Bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Heru menyampaikan bahwa pergeseran jabatan itu dilakukannya lantaran Heru membutuhkan Marullah untuk membantunya dalam mempersiapkan Jakarta sebagai tuan rumah ASEAN 2023.

“Jadi jangan disalahpahamkan, saya membutuhkan Pak Marullah dalam skala yang lebih besar,” kata Heru dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (5/12).

Heru menyampaikan bahwa ke depan, Marullah yang saat ini menjabat sebagai Deputi Gubernur DKI dapat menggantikannya dalam memimipin rapat-rapat koordinasi ajang ASEAN di tahun 2023 mendatang.

“Berkenaan nanti Pak Deputi bisa memimpin rapat di 2023 bergantian dengan saya untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” kata Heru.

Persiapan ASEAN 2023, kata Heru, sudah tidak bisa lagi diulur. Meski masih tahun depan, tetapi sudah harus dirancang sedini mungkin. Apalagi, para panitia juga memiliki tugas terkait bidangnya masing-masing.

“Sudah tidak ada waktu lagi. Coba kita bayangkan masuknya di Januari, terpotong puasa, lebaran, 17 Agustus. Jadi waktu yang tersisa menurut saya adalah Januari dan Februari sampai Mei. Hanya 3 bulan kita tersisa,” ujar Heru.

Oleh karena itu, ia menggandeng Marullah sebagai Deputia Gubernur agar pertemuan antar negara di Asia Tenggara itu dapat berlangsung dengan lancar.

Sebagaimana diketahui, Heru Budi Hartono telah melantik Marullah Matali menjadi Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata pada Jumat (2/12) lalu secara tertutup.

Kini, jabatan lama Marullah yakni Sekda DKI digantikan oleh Uus Kuswanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Dewan DKI.