HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kehidupan seks pasutri (pasangan suami istri) dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah bertambahnya usia yang membuat penurunan kadar hormon dan perubahan fungsi saraf.

Hati-hati, kondisi tersebut bisa memicu berbagai masalah mulai dari disfungsi ereksi hingga rasa nyeri yang dirasakan oleh wanita. Kondisi tersebut, bisa mempengaruhi hubungan seksual bagi pasangan suami istri.

Lalu bagaimana cara mempertahankan atau memperbaiki kondisi itu, agar hubungan pasutri bisa lebih baik lagi. Dikutip Holopis.com dari Health Harvard, Senin (5/12), ada beberapa cara yang bisa membantu pasutri atasi kendala itu.

1. Beri waktu
Fakta menunjukkan bahwa saat usia seseorang bertambah, secara langsung respons seksual akan melambat. Rupanya ada cara untuk mengakali hal ini, yakni jadikan sebagai waktu luang untuk menemukan suasana seks yang tenang, nyaman, serta bebas dari gangguan. Perlu dipahami bahwa perubahan fisik yang terjadi, artinya tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencapai orgasme.

2. Gunakan pelumas
Sering kali, wanita mengalami kekeringan vagina yang ditandai dengan masuknya masa perimenopause. Pelumas adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghindari hubungan seksual yang mengakibatkan wanita merasa kesakitan.

3. Pertahankan sentuhan fisik
Sentuhan fisik dapat membuat wanita merasa lebih disayang. Jika wanita merasa lelah atau kesal akibat hari buruk, pria dapat menenangkan wanita dengan cara memberikan pelukan atau ciuman untuk saling menjaga ikatan emosional dan fisik.

4. Mencoba berbagai posisi baru
Hubungan seksual dengan posisi itu-itu saja juga membosankan. Maka dari itu, penting bagi pasutri untuk eksplor posisi bercinta yang lebih bervariasi.

5. Coba untuk lebih rileks
Coba untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan sebelum masuk ke dalam hubungan seksual. Misalnya bermain game atau keluar untuk makan malam, bisa juga melakukan teknik relaksasi seperti latihan pernapasan.