HOLOPIS.COM, JAKARTA – Inggris vs Prancis akhirnya harus bertemu lebih awal di babak perempat final Piala Dunia 2022.

Keduanya lolos ke babak perempat final, usai sukses menuntaskan misinya di babak 16 besar. Inggris berhasil mengandaskan perlawanan Senegal 3-0 tanpa balas, sedangkan Prancis mampu melibas habis Polandia 3-1.

Alhasil, Inggris dan Prancis pun bertemu di babak perempat final Piala Dunia 2022 karena berada dalam satu bagan yang sama.

Lantas lebih kuat mana, Prancis atau Inggris? Lebih unggul siapa? dan siapa yang berpeluang lolos ke semifinal Piala Dunia 2022?

Kuat Mana, Inggris atau Prancis?

Kedua tim sejatinya memiliki kedalaman skuad yang berimbang. Jika diperhatikan, baik Inggris maupun PSG sama-sama memiliki kekuatan di masing-masing lini.

Ada kelebihan dan juga kekurangan dari kedua tim. Untuk Inggris, The Three Lions nampaknya memiliki kekuatan di lini depan dan belakang.

Hal itu telah terbukti, dimana dalam empat pertandingannya di Piala Dunia 2022, agresifitas gol Inggris cukup mengesankan, 12 gol mampu dicetak The Three Lions, dengan mayoritas golnya dicetak oleh beberapa pemain lini depan.

Kemudian dari sisi pertahanan juga terbilang baik, mengingat Inggris dalam empat pertandingannya di Piala Dunia 2022, baru kebobolan dua gol, seluruhnya berhasil clean sheet.

Sementara untuk Prancis, kuat di lini depan dan lini tengahnya. Bahkan, kekuatan Les Bleus di lini depan tidak perlu diragukan lagi.

Meski tak diperkuat Karim Benzema, namun peta kekuatan serangan Prancis tak mengalami penurunan yang signifikan.

Masih ada Giroud, Mbappe, Dembele, dan lain sebagainya yang menjadi tumpuan Prancis sampai saat ini.

Dari lini tengah pun terbilang baik, banyak peluang Prancis yang lahir dari lini tengah, dimana motor serangan menjadi lebih kuat ketika kontribusi lini tengahnya cukup mempuni.

Lebih Unggul Siapa?

Jika urusan siapa yang lebih unggul, nampaknya kedua tim sama-sama diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan.

Dalam hal kedalaman skuad pun dinilai cukup berimbang, walaupun Inggris sedikit lebih kuat jika dinilai dari empat laga terakhirnya. Namun Prancis memiliki nilai plus tersendiri jika berkaca pada rekor pertemuannya kontra Inggris.

Dalam lima kali pertemuan terakhirnya melawan Inggris di seluruh kompetisi, Prancis mampu unggul dengan tiga kali kemenangan, sementara The Three Lions hanya bisa mencatatkan satu kemenangan, dengan satu laga lainnya berakhir imbang.

Siapa yang Berpeluang Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022?

Keduanya memiliki peluang untuk bisa lolos ke babak semifinal, karena ada misi yang berbeda dari kedua tim.

Prancis berusaha mempertahankan juaranya di Piala Dunia, sementara Inggris tengah mengejar trofi di golden eranya saat ini.

Produktifitas gol hingga peta kekuatan tim pun tak bisa menjadi patokan lagi untuk menilai siapa yang akan lolos ke semifinal. Namun, mental yang akan membuktikannya.

Sehingga, belum bisa disimpulkan secara pasti, siapa yang akan lolos ke semifinal, karena kemenangan ditentukan di atas lapangan hijau.