HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron menyambut baik penunjukan calon tunggal Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono.

Ghufron berharap Yudo dapat terus meningkatkan hubungan yang baik dan kerja sama yang berkesinambungan antara TNI dengan KPK dalam segi penegakan hukum, khususnya terkait pemberantasan tindak pidana korupsi.

“KPK sekali lagi menghormati dan tentu kemudian menyampaikan selamat dan sukses atas penunjukan Pak Yudo dari KSAL ke Panglima TNI,” kata Ghufron dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (4/12).

Pria kelahiran Sumenep Madura itu menegaskan, bahwa sejauh ini antara KPK dan TNI sangat baik dalam membangun pilar demokrasi dan penegakan hukum. Oleh sebab itu, kualitas sinergisitas tersebut diharapkan tidak pudar.

“KPK berharap tentunya adalah selalu sinergi, karena selama ini TNI bersama KPK merupakan pilar-pilar bangsa menegakkan hukum. Oleh karena itu kami berharap sinergi yang sudah ada ini bisa ditingkatkan lebih lanjut, termasuk juga dalam penegakan hukum, harapannya begitu,” sambungnya.

Perlu diketahui Sobat Holopis, bahwa Komisi I DPR RI sepakat bahwa Laksamana Yudo Margono menjadi calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Yudo disetujui menjadi calon tunggal Panglima TNI setelah diuji kelayakan dan kepatutan pada Jumat, 2 Desember 2022.

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I Meutya Hafid saat paparkan hasil fit and proper test, Jumat (2/12) kemarin.

Selanjutnya, hasil rapat internal tersebut akan dibawa ke rapat paripurna untuk diambil keputusan tingkat dua di rapat paripurna. Dengan demikian, keputusan untuk menetapkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI tinggal menunggu pengesahan rapat paripurna DPR RI selanjutnya dilakukan pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.