HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis para pencinta anime Jepang sudah pernah menonton film anime klasik ini belum? Only Yesterday merupakan anime Jepang yang dirilis pada tahun 1991.

Berbeda dengan anime lainnya, Only Yesterday mengangkat genre cerita realistis dengan berbagai masalah dan dilema yang dirasakan orang dewasa.

Film ini berhasil meraih kesuksesan box office dan disukai banyak orang dewasa. Penilaiannya juga tinggi, berada di angka 100% di laman Rotten Tomatoes.

Awal cerita berlatarkan tahun 1982, dimulai mengikuti Taeko Okajima, seorang wanita berusia 27 tahun tang bekerja di sebuah perusahaan.

Ia pun mengambil cuti dan pergi ke perkampungan mengunjungi keluarga besan kakaknya.
Di sana, ia bertemu dengan sepupu dari abang iparnya, dan menjalani kegiatan tradisional orang-orang yang hidup di pedesaan.

Selama kunjungannya, Taeko bernostalgia tentang momen-momen penting dan sangat berbekas di hatinya saat masih kecil.

Penonton pun bisa cukup terhibur dan lucu melihat memori Taeko saat ia masih seroang anak perempuan yang lugu dan belum mengerti dunia.

Meskipun dirilis tahun 1991, animasi dari produksi Studio Ghibli ini tetap bisa menghibur dan memiliki detail yang cemerlang.

Tak sepenuhnya tentang romansa, namun anime ini masih memiliki unsur romantis yang bisa membuat para penonton terharu dan juga ingin healing ke pedesaan.

Meskipun bertemakan serius, anime ini tetap menghibur dengan banyak momen-momen yang lucu bahkan membut para penonton banyak relate dengan permasalahan – permasalahan Taeko.

Secara keseluruhan, Holopis.com memberikan anime ini nilai 9.5/10. Bagi Sobat Holopis yang ingin nonton anime dengan genre drama serius tanpa adanya unsur magis, Only Yesterday adalah pilihan yang tepat. Saat ini, anime Jepang ini bisa disaksikan di layanan streaming Netflix.