HOLOPIS.COM, JAKARTA – Fitur baru di iPhone 14 ternyata berhasil membantu seorang pengguna yang terjebak salju di Alaska, Amerika Serikat. Fitur tersebut disebut ‘SOS’ atau yang dikenal dengan fitur komunikasi satelit.

Dikutip Holopis.com dari GSM Arena, Minggu (4/12), pengguna tersebut mengaktifkan fitur SOS untuk mendapatkan pertolongan dari pihak yang berwenang.

Setelah fitur itu aktif, posisi sang pengguna produk Apple itu terlacak di sebuah area bernama Nimiuk Point yang ada di Alaska.

Kemudian, Departemen Keamanan Publik Alaska mengeluarkan laporan pengiriman, yang mengklarifikasi adanya mobil yang terjebak di tengah salju. Sebuah tim yang terdiri dari empat sukarelawan kemudian dikirim dan melacaknya.

Akhirnya, orang tersebut berhasil diselamatkan oleh Pasukan Negara Bagian Alaska pada 1 Desember pukul 2 pagi waktu setempat mengaktifkan fungsi Darurat SOS di iPhone-nya.

Laporan tersebut mengklarifikasi bahwa, Pusat Tanggap Darurat Apple menjangkau departemen Pencarian dan Penyelamatan Wilayah Arktik Barat Laut dengan koordinat GPS yang tepat dari pria yang terdampar itu.

Fitur SOS Darurat Apple saat ini baru tersedia di AS dan Kanada. Rencananya Apple akan memperluas layanannya itu untuk negara Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris di akhir bulan ini.