HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin menyebut Tanah Papua sebagai wajah mini dari Indonesia yang penuh kemajemukan atau keberagaman.

Bahkan Ma’ruf mengklaim, Tanah Papua menjadi daerah yang paling toleran dibanding daerah lainnya di Indonesia.

“Tanah Papua adalah wajah Indonesia mini yang majemuk dan tempat ini merupakan daerah yang paling toleran,” ungkap Wapres yang dikutip Holopis.com dari keterangan resminya, Jumat (2/12).

Dia menegaskan, keberagaman menjadi modal utama bagi Indonesia untuk memperkuat keutuhan bangsa, yang sejatinya menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat untuk menjaga dan merawatnya.

“Untuk itu, diperlukan upaya bersama dalam menjaga dan merawat kerukunan dan toleransi, khususnya antar umat beragama,” katanya.

Lebih lanjut Ma’ruf Amin memberikan apresiasi kepada Papua karena disebut sebagai daerah dengan tingkat toleransi yang tinggi, sehingga menjadi representasi bangsa Indonesia secara keseluruhan.

“Saya memberikan apresiasi kepada Provinsi Papua karena disebut sebagai daerah dengan tingkat toleransi yang tinggi, sehingga menjadi representasi bangsa Indonesia secara keseluruhan,” kata Ma’ruf.

Wapres pun menyampaikan pesannya kepada masyarakat untuk dapat menebar cinta kasih dan perdamaian kepada sesama manusia.

“Sebarkan cinta kasih, persaudaraan, persatuan, dan pesan perdamaian untuk Indonesia,” pesan Wapres.

Terakhir, Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu kemudian menyampaikan selamat kepada umat Kristiani yang sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Natal.

“Saya mengucapkan selamat menyambut Hari Natal 2022 kepada semua umat Kristiani di Tanah Papua maupun di pelosok Tanah Air,” tutupnya.