HOLOPIS.COM, JAKARTA – Grup H yang dihuni Portugal, Uruguay, Ghana dan Korea Selatan (Korsel), merupakan salah satu grup yang cukup sulit di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Menariknya, Uruguay yang merupakan salah satu unggulan selain Portugal, kini tengah terdampar di dasar klasemen Grup H.

Uruguay tengah terpojok dengan hanya mampu mengemas satu poin, dalam satu kali imbang dan satu kekalahan, sama hal nya dengan Korea Selatan.

Sedangkan Ghana saat ini sedang menempel ketat Portugal di posisi kedua, dengan satu kali kemenangan.

Namun, Ghana kembali mendapat ujian pada pertandingan nanti, wakil benua Afrika tersebut akan berhadapan dengan Uruguay, yang notabennya tengah berusaha bangkit dari keterpurukan demi memburu tiket babak 16 besar.

Bertanding melawan Ghana pun jadi kesempatan terakhir Uruguay, untuk membuktikan taringnya di Piala Dunia 2022.

Hasil kemenangan Uruguay kontra Ghana akan merubah 90 drajat peta klasemen yang ada, dimana Darwin Nunez dkk akan langsung loncat ke posisi dua jika mampu torehkan hasil positif.

Di sisi lain, peluang Uruguay untuk bisa lolos ke babak 16 besar semakin nyata, mengingat Korsel akan melawan Portugal yang sudah jelas diunggulkan untuk menang.

Namun akan ada perhitungan agresifitas gol apabila dewi fortuna pada akhirnya memilih Uruguay dan Korsel yang menang pada laga malam nanti.

Maka dari itu, ada dua catatan penting bagaimana Uruguay bisa lolos ke babak 16 besar, dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada laga malam nanti.

Pertama, Uruguay bisa menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, dengan kemenangan minimal defisit tiga gol atas Ghana, hal itu hanya untuk menjaga apabila ada kejutan yang dibuat Korea Selatan kontra Portugal.

Kedua, Uruguay nampaknya harus berharap lebih pada Portugal untuk bisa menahan langkah ambisius Korsel pada laga nanti, karena kekalahan yang diderita Son dkk akan memberikan peluang pasti kepada Uruguay untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Namun, peta kekuatan klasemen akan berubah sedemikian rupa apabila Ghana menang lawan Uruguay, dan Korsel sukses libas Portugal.

Maka akan ada persaingan agresifitas gol antara Portugal dengan Ghana, untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup H.

Berikut ini klasemen Grup H Piala Dunia 2022.

Klasemen grup H
Klasemen grup H Piala Dunia 2022. [Gambar : Sofa Score]