HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mendorong KPU untuk menyiapkan secara detail mengenai pengaturan teknis di dalam seluruh tahapan kegiatan Pemilihan Umum 2024.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri Rakornas kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta.

“Ini penting. Setiap tahapan harus memiliki koridor hukum yang jelas. Hal ini penting untuk mengantisipasi dan juga mengatasi berbagai persoalan-persoalan yang akan muncul,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (2/12).

Dalam penyiapan hal teknis, Jokowi menekankan bahwa itu harus dilakukan dengan sangat hati-hati sehingga tidak membuat KPU justru terjebak dalam hal politis.

“Saya perlu mengingatkan bahwa hal-hal teknis itu bisa menjadi politis. Hati-hati. Sekali lagi, hal-hal teknis bisa menjadi politis, sehingga ini kita harus hati-hati,” tegasnya.

Oleh karena itu, Jokowi kemudian mendorong agar KPU memastikan kesiapan sarana dan prasarana logistik secara detail. Mulai dari merencanakan dan lakukan pengadaan tepat jumlahnya dan tepat waktu.

“Memang kondisi ini yang perlu kita siapkan. Jangan sampai ketidaksiapan menyebabkan nantinya keributan-keributan di lapangan. Hal kecil-kecil ini kalau kita tidak detail mengikuti, menyelesaikan, bisa menjadi persoalan di lapangan, menjadi keributan-keributan di lapangan,” tukasnya.

“Selain itu juga, penting ini lakukan efisiensi dan transparansi sehingga semuanya terbuka,” sambungnya.