HOLOPIS.COM, JAKARTA – Transjakarta khusus wanita kembali disiapkan PT Transjakarta sebanyak 10 unit, guna mengurangi risiko pelecehan seksual yang kerap kali terjadi di salah satu moda transportasi publik itu.

“Penyediaan bus pink diharapkan dapat mengurangi risiko pelecehan seksual. Ini merupakan tambahan dari 10 bus pink yang telah beroperasi sebelumnya,” jelas Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor dalam keterangannya yang diterima Holopis.com, Kamis (1/12).

Penambahan bus berwarna pink ini, akan dilakukan secara bertahap dan akan beroperasi mulai pukul 05.00 – 21.00 WIB.

Bus ini akan beroperasi di koridor 6 (Ragunan-Dukuh Atas), Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) dan rute Puribeta-Dukuh Atas (13C).

“Bus pink melayani masyarakat setiap hari mulai pukul 05.00–21.00 WIB dengan tarif regular Rp 3.500,” ujar Anang.

Secara tampilan, bus gandeng khusus wanita ini punya warna pink dan putih pada eksteriornya. Pada bagian jendela, ada tulisan “Habis Gelap, Terbitlah Terang”. Di bus yang lainnya ada tulisan “These Girls are Smart“.

Spesifikasi bus Transjakarta saat itu sama dengan bus gandeng Transjakarta lainnya dengan 38 kursi duduk dan 80 orang berdiri. Bus transjakarta khusus perempuan ini bermerek Scania.