HOLOPIS.COM, JAKARTA – Reuni 212 rencananya akan berlangsung di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, pada tanggal 2 Desember 2022 yang dimulai pukul 02.00 WIB hingga 09.00 WIB.

Pihak Kepolisian akan menyiapkan rekayasa lalu lintas, dan menyiapkan lokasi parkir untuk kendaraan peserta yang akan hadir dalam acara Reuni 212.

Menurut Kasat Lantas Jakarta Timur, AKBP Edy Surasa, acara tersebut akan dihadiri sekitar 1.500 hingga 3.000 orang. Sehingga, pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional dengan melihat kondisi di lapangan.

“Itu alih arus ketika di depan Masjid Agung At-Tin kita asumsikan tidak bergerak. Ketika ternyata di luar dugaan, tentunya kita coba buka tutup alias alih arus juga,” ujar Kasat Lantas Jakarta Timur, AKBP Edy Surasa, Rabu (30/11).

Nantinya, pengalihan arus akan dilakukan dari Kramat Jati menuju ke Pondok Gede diarahkan melalui pintu satu dan dari Jalan Bambu Apus ke Garuda atau Masjid Agung At-Tin diarahkan ke Kampung Rambutan.

Sementara itu, untuk lokasi parkir akan disiapkam beberapa titik di sekitar lokasi acara yang bisa menampung sekitar 200 kendaraan.

“Kantong parkir terdekat bisa menampung 200 bus. Kemudian di (gedung) pewayangan untuk roda dua bisa 1.500. Artinya itu cukup tidak berdampak di jalan pada parkir sembarangan,” ujar Edy.

Edy mengungkapkan, ada 640 personel yang akan dilibatkan untuk mengatur arus lalu lintas selama kegiatan Reuni 212 berlangsung.

Para petugas akan disiagakan, mulai Kamis (1/12) malam untuk mengantisipasi massa kedatangan massa peserta Reuni 212 yang tiba di Masjid Agung At-Tin

“Kegiatan (mulai) jam 03.00 WIB pagi, maka tahap pertama akan ada apel​ jam 21.00 WIB, antisipasi massa yang datang dari sore hari. Lalu acaranya kan diprediksi sampai Shalat Jumat selesai,” kata Edy.