HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto angkat bicara terkait penyataan Presiden Jokowi terkait ciri pemimpin yang memikirkan rakyat.

Menurutnya, pernyataan tersebut hanya sekadar gimmick dan sebuah absurditas. Sebab bagaimana pun, keputusan terkait calon presiden (capres) berada di tangan partai.

“Jokowi boleh saja menyebut ciri ciri, itu sah. Tapi semuanya khan tergantung bu Mega. Karena apapun kriterianya, keputusan di tangan partai,” kata Hari Purwanto dalam penyataan persnya yang dikutip Holopis.com, Minggu (27/11).

Pria yang akrab disapa Petot ini mengatakan, pernyataan ini hanyalah gimmick yang dilontarkan untuk memberi harapan kepada para pihak yang berencana ikut kontestasi Pilpres 2024.

“Kalau misal ciri ciri sudah tepat, namun tidak didukung partai politik atau tidak memenuhi syarat Presidential Treshold 20 persen, kan percuma. Makanya saya menyebut kriteria dari presiden itu seperti angin surga untuk para kandidat. Hanya menina bobokan saja,” jelasnya.

Hari mengaku heran dengan Jokowi yang berkali kali mengungkapkan kriteria kandidat capres.

“Apakah Jokowi bisa menginfluence partai agar memilih kandidat berdasarkan kriterianya? Kan tidak. Kecuali memiliki partai politik sendiri,”

Sebelumnya, di hadapan ribuan relawannya di GBK, Sabtu (26/11) kemarin, Jokowi menyebut ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan rakyat memiliki muka berkerut dan berambut putih.