HOLOPIS.COM, JAKARTA – Belanda harus rela ditahan imbang dengan skor 1-1 oleh Ekuador di laga kedua babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, Jumat (25/11) waktu malam hari.

Bermain di Khalifa International Stadium, Belanda yang turun dengan kekuatan penuh, tampil mendobrak jantung pertahanan Ekuador sejak menit awal babak pertama.

Belanda tampil sangat percaya diri, karena merasa unggul dari segala sisi. Alhasil, mereka mampu mencetak gol cepat di menit enam oleh pemain bintangnya, yakni Cody Gakpo.

Pasca gol, Belanda nampak cukup kesulitan menghadapi ambisi Ekuador yang ingin menyamakan kedudukan skor.

Permainan terbuka dari kedua tim jelas terlihat, saling jual beli serangan mereka ciptakan, namun sayang babak pertama tetap bertahan dengan 1-0 untuk keunggulan Belanda.

Memasuki babak kedua, Louis van Gaal memutuskan untuk menarik pemain bintangnya, Memphis Depay dan digantikan oleh Bergwijn.

Alih-alih menggandakan skor, Belanda malah lengah hingga akhirnya kebobolan di menit 49 oleh bintang Ekuador, Enner Valencia.

Pada titik itu lah Belanda baru bisa mendominasi penguasaan bola secara penuh, hingga membuat Ekuador bertahan begitu dalam di ruang pertahanannya.

Beberapa peluang tercipta pasca gol, namun gagal dikoversi menjadi gol. Ekuador yang memanfaatkan serangan balik pun demikian, tetapi tak ada perubahan skor.

Alhasil, skor 1-1 bertahan hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan. Hasil ini pun semakin menambah sengit peta kekuatan Grup A Piala Dunia 2022.

Hasil imbang tersebut gagal membawa Belanda memastikan satu tiket babak 16 besar, sehingga harus ditentukan dalam pertandingan terakhirnya.

Sama nasibnya dengan Ekuador, namun mereka akan menghadapi ujian selanjutnya, dimana Enner Valencia dkk akan melawan Senegal pada laga ketiga Piala Dunia 2022.