HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membagikan ratusan ribu penanak nasi listrik (rice cooker) secara cuma-cuma alias gratis kepada masyarakat.

Namun, Subkoordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan, Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM Edy Pratiknyo mengatakan bahwa hal tersebut hingga saat ini masih dalam tahap pembahasan.

“Ini baru pembahasan belum sampai di publish bantuan e-cooking atau penanak nasi listrik,” kata Edy Pratiknyo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (25/11).

Edy menyebut, total bantuan penanak nasi listrik sebanyak 680 ribu unit, yang nantinya anggaran untuk program bantuan ini dialokasikan dari APBN Kementerian ESDM pada tahun depan.

Ia mengatakan program rice cooker ini tidak diperlukan penambahan daya dan nilai paket program ini sebesar Rp500 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM). Penerima bantuan ini akan mengacu data dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Terkait bantuan program penanak nasi, di mana rencana sebanyak 680 ribu unit penanak nasi yang disalurkan ke masyarakat, yang KPM tadi, kelompok penerima manfaat. Tentunya acuannya ke data dari Kementerian Sosial,” jelasnya.

Tujuan dari program ini yakni mendukung pemanfaatan energi bersih, meningkatkan konsumsi listrik per kapita dan penghematan biaya memasak bagi masyarakat.