HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya bencana alam menjelang puncak musim penghujan, yakni pada Desember 2022 hingga Januari 2023 mendatang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk waspada terhadap bencana alam ikutan, seperti longsor dan banjir bandang.

Imbauan ini khususnya ditujukan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah Cianjur, Jawa Barat, yang sempat diguncang gempa bermagnitudo 5,6 beberapa waktu lalu.

“Saat ini curah hujan sedang meningkat menuju puncaknya pada Desember 2022 hingga Januari 2023, jadi harus diwaspadai kemungkinan terjadinya bencana ikutan usai gempa kemarin,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan pers yang diterima Holopis.com, Sabtu (26/11).

Sebab, kata dia, curah hujan yang tinggi berpotensi mengakibatkan banjir bandang yang turut membawa runtuhan material-material di lereng gunung, akibat gempa tersebut.

Sebagaimana diketahui, gempa tektonik dangkal berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB.

Gempa tersebut mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia, ribuan lainnya mengalami luka-luka, serta ratusan rumah mengalami kerusakan.